Jumat, 29 Juni 2018

Masakan Khas Lampung Sambal Kweni





Assalamualaikum,

Hai teman berjumpa lagi dengan saya di Ruang Berkarya Ibu atau disingkat RBI2 ini masuk juga dalam kelas dari Ibu Profesional. Hari ini, masuk lapiran tugas hari ke - 49. Dan saya senang ternyata masih banyak teman - teman yang komitmen untuk terus berusaha menggapai mimpinya melalui proyek serentak.

Termasuk LINDA FOOD yang minggu - minggu ini merubah rencana. Belum bisa melakukan aksi sesuai tujuan tapi sedang mempelajari beragam sambal yang ada di nusantara. Walau tidak persis sama, tapi paling tidak apa yang dikerjakan saat ini memiliki imbas yang positif untuk poyek ke depan.

Jika kemarin LINDA FOOD mengulas tentang sambal khas Lampung yang berbahan rampai, maka ini ada juga sambal yang tak kalah unik dan lezat. Yaitu sambal kweni.

Kweni adalah buah yang masih sejenis dengan mangga tetapi lebih berserat dan berbau harum jika sudah matang. Memiliki rasa hampir mirip dengan mangga, dan daging buahnya berwarna kuning oranye. Rasanya manis asam terasa segar.

Dalam kehidupan masyarakat Lampung ( sekitar tempat tinggal saya ) buah kweni diolah menjadi sambal yang lezat dan paling cocok disandingkan dengan pindang ikan. Untuk jenis ikan yang dipindang bermacam - macam tergantung selera. Bisa ikan baung, patin, atau ikan gabus. Dudu...ngomongin sambal kweni jadi lapaar hehe..

Karena saya memang sangat suka makan ikan, dan sejak lahir bergaul dengan teman - teman yang asli daerah Lampung maka lidah ini merasa klik dengan rasa sambal kweni ini.

Nah daripada penasaran, seperti ini bahan yang saya gunakan saat membuat sambal kweni. Semua bahannya segar dan tanpa digoreng. Tapi dicuci bersih dulu.

Bahan :

1 buah kweni, kupas, cuci, dan cincang halus
7 buah rampai merah
4 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah
Garam secukupnya

Cara Membuat :

1. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah, garam, dan rampai.
2. Masukkan kweni yang sudah dicincang
3. Haluskan atau uleg agar tercampur rata
4. Koreksi rasa, dan sambal kweni siap disajikan

Sambal ini menjadi pelengkap pindang yang paling dicari dan cepat ludes karena memang sensasi rasanya unik. Nasi putih hangat, pindang panas paling pas jadi temannya. Nah ayo mencoba teman.

Demikian progres laporan rencana proyek LINDA FOOD di Ruang Berkarya Ibu hari ke - 49.  Menjelajah berbagai jenis sambal memang mengasyikkan dan menambah filantropi rasa. Tetap semangat, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum


#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day49

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts