Sabtu, 26 Mei 2018

Segmentasi Pasar Bagian Dua




Assalamualaikum,

Hai - hai semua, apa kabar hari ini? Semoga tetap semangat berpuasa sampai lebaran tiba hehe. Oh iya, hari ini masuk ptogres laporan hari ke - 15 eng ing eng. Makin membuat saya khususnya yang punya rencana proyek untuk terus mencari hal - hal yang penting. Seperti kemarin mengulas tentang segmentasi pasar. Cakupannya banyak dan menarik untuk dipelajari.


Ya tentu saja menarik dan penting, karena tujuan sebuah rencana produk pasti akan  berhubungan dengan marketing yang konsumennya beragam. Oleh sebab itu dalam penetapan segmentasi pasar, menurut wikipedia terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya, yaitu :

Dasar - dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

1. Berdasarkan variabel geografi
Variabel geografi meliputi wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan .

2. Berdasarkan variabel demografi
Variabel tersebut antara lain berdasarkan umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan , dll.

3. Berdasarkan variabel psikologis
 Variabel tersebut antara lain kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Variabel tersebut antara lain manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, dan sikap pada produk.

Berdasarkan ketiga variabel tersebut, sebagai perencana proyek berarti harus memperhatikan siapa sasaran untuk produk yang akan dijual. Seperti rencana, berdasarkan latar belakang dan kebiasaan orang Indonesia yang suka makan pedas baik saat makan sendiri atau pun bersama - sama. Maka sambal adalah satu menu yang selalu ada.

Dari ujung Sumatera sampai ujung Timur Indonesia, begitu banyak ragam sambal yang memiliki cita rasa kaya namun tetap pedas terasa. Sambal lado, sambal matah, sambal bajak, sambal seruit, sambal terasi, sambal colo - colo, sambal bawang, sambal korek, sambal dadak, sambal tempoyak, sambal terong, dan masih banyak yang tersembunyi sebagai bagian kekayaan kuliner yang belum terangkat.

Maknanya bahwa, sambal memiliki tempat tersendiri di lidah dan hati masyarakat Indonesia. Nah, cita - cita saya, siapa yang berkunjung ke Lampung dapat menenteng sambal kemasan produksi LINDA FOOD sebagai oleh - oleh wajib sebagai buah tangan untuk kerabat dan sahabat. Jadi sambal produksi LINDA FOOD bisa melanglang buana ke berbagai daerah. Semoga tercapai aamiin.

Maka, menyiapkan setiap tahapan rencana produksi dengan detil dan sungguh - sungguh semoga dapat membantu agar cita - cita saya tercapai. Bersama Ruang Berkarya Ibu, Institut Ibu Profesional kita diminta menggali potensi dan menciptakan ruang berkarya untuk diri sendiri dan orang lain.

Demikian progres rencana proyek hari ke - 15, semoga saya senantiasa semangat dan bersungguh - sungguh untuk mencapainya. Dengan dukungan penuh dari paksu ayo, terus berjuang dengan bahagia.

Wassalamualaikum

Sumber :
www.wikipedia.id
Survey Slumuth Family


#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mensupport Kegiatan Slumuth Family Project

Assalamualaikum , Tak terasa kegiatan merencanakan proyek kedua di Ruang Berkarya Ibu sudah masuk hari ke - 31. Dan puasa juga suda...

Popular Posts