Sabtu, 12 Mei 2018

RBI2 Tugasku Day1




Assalamualaikum,

Halo apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan bahagia. Alhamdulillah semalam pengumuman kelulusan dari Ruang Berkarya Ibu. Rasanya senang tapi campur deg - degan. Wow..membayangkan tantang tiap hari yang harus diikuti. Hemm mari coba dan semangat mengikuti.


Sesuai dengan bakat diri yang ada pada diri saya, dan ranah SUKA - BISA yaitu memasak. Saya bersama paksu berencana membuat project yang tidak jauh dari dunia kuliner, masih ada korelasinya dengan memasak. Karena itulah kebahagiaan saya.  Dan cita - cita saya menjadi mompreneur  yang bisa memberi manfaat bagi sekitar terlaksana aamiin.

Maka di hari pertama ini, sebagai pemenuhan tugas Ruang Berkarya Ibu, maka produk yang ingin dibuat adalah oleh - oleh khas Lampung berupa produk sambal. Mengapa sambal yang dipilih? Ini memang tak jauh dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka dengan rasa pedas.

Bahkan Indonesia memiliki beragam sambal khas nusantara. Rasanya pangsa pasar bisnis sambal rumahan masih terbuka lebar asal kita dapat memilih produk yang sesuai selera pasar dan unik. Jadi saya inginnya saat orang luar berkunjung ke Lampung, ingat sambal produk saya hehe..

Maka saya membuat logo sederhana bertuliskan LINDA FOOD  dengan memberikan gambaran bahwa produksi LINDA FOOD memiliki rasa yang Lezat, Dahsyat, Halal. Sehingga konsumen merasa nyaman untuk mengkonsumsi.

Produk yang dibuat LINDA FOOD menggunakan bahan lokal. Sebagai upaya mengangkat produk lokal agar menjadi tuan di negeri sendiri. Dan untuk mewujudkan semua itu tidaklah mudah. Maka, kami berdua memutuskan untuk membuat perencanaan sederhana yang ke depan akan dibuat lebih detil untuk memudahkan pelaksanaan project.

Hal yang disusun adalah sebagai berikut :
1. Perencanaan
Dalam setiap kegiatan, tentu saja membutuhkan perencanaan walau sederhana. Sebagai acuan hal - hal yang ingin dilakukan. Perencanaan meliputi :
a. Kegiatan survey bahan baku ( eksplore raw material )
b. Persiapan pengadaan alat penunjang produksi
c. Penyediaan alat penunjang produksi
d. Survey produk sejenis
e. Mencatat kelebihan dan kekurangan produk sejenis
f. Mencatat berapa varian yang biasa diterima konsumen
g. Survey packaging
h. Menyiapkan logo dan brand

2. Pelaksanaan
a. Uji coba resep
b. Uji ketahanan produk
c. Uji organoleptik
d. Penetapan harga produk
e. Menetapkan segmentasi pasar

3. Produksi

4. Promosi
a. Membuat akun medsos
b. Mengikuti pameran
c. Memberikan potongan harga

Dari perencanaan project tersebut, satu per satu akan saya lalui dan menjadi acuan action harian saya. Yup..ini untuk memudahkan kontrol dan cek, sampai di mana progres project saya hari ini? Saya tentu saja berharap rencana yang saya tuliskan dapat terealisasi dan menghasilkan karya yang memberi kebermanfaatan.

Demikian tugas dari Ruang Berkarya Ibu action hari pertama. Mohon doanya ya, agar terlaksana aamiin. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum



#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sambal Kedondong, LINDA FOOD Day 71

Assalamualaikum , Halo berjumpa lagi dengan LINDA FOOD untuk bercerita tentang progres rencans project di Ruang Berkarya Ibu. Kali...

Popular Posts