Selasa, 22 Mei 2018

Cabai Merah Besar





Assalamualaikum,

Halo teman, berjumpa lagi dengan blog sederhana ini. Semoga senantiasa sehat dan penuh semangat. Puasa Ramadhan sudah masuk hari yang keenam, cuaca tidak begitu panas sehingga tak terasa bedug magrib tiba. Alhamdulillah, semoga puasaku, puasamu diterima Allah dan kita termasuk hamba-Nya yang bertaqwa aamiin.

Hari ini saya tetap melakukan rencana kegiatan yang sudah ditulis, yaitu survey bahan baku pembuat sambal. Jika kemarin saya sudah mensurvey harga bawang putih, bawang merah, cabai rawit hari ini saya mencoba mengecek harga cabai merah besar.

Cabai merah besar jika dipakai akan menghasilkan warna merah yang alami dan menarik. Soal rasa memang tak sepedas rawit merah, tapi cabai merah besar memiliki penggemarnya sendiri, ya cocok untuk yang tak suka pedas.

Nah coba yuk, kita cari info lebih dalam tentang cabai merah ini. Cari infonya  dari Wikipedia.

Cabai atau cabai merah atau chili adalah tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunań∑an. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai '' bahan makanan pokok'', sangatlah sulit masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Cabai merah merupakan salah satu komoditas yang banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia, karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Namun tetap harus dibatasi sesuai kebutuhan, karena bagaimana pun, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Karena sambil berbelanja dan untuk kepentingan survey, maka tadi saya berkeliling dan mencari cabai merah yang bagus dan masih segar. Setelah berkeliling, akhirnya tatapan mata saya tertuju pada warung besar di pojok pasar yang menyediakan beranekaragam sayuran. Saya mendekat, dan hemm benar cabainya bagus dan masih segar, kata saya dalam hati.

Saya menanyakan harga untuk 250 gram berapa? Dan diberi harga Rp 9.000,- berarti per 1 kg mencapai harga Rp 36.000,- masih terjangkau walau tetap naik juga. Saat hari biasa 250 gram bisa didapat dengan harga di kisaran Rp 6.000,-. Berarti Rp 24.000 per 1 kg. Artinya memang rata - rata harga sayuran dan bumbu memang eksis saat bulan Ramadhan. Alias merangkak naik sampai jelang hari raya.

Mencari harga terbaik dengan bahan segar menjadi hal yang perlu saya lakukan. Yea..bersiap menjelajah banyak hal berkaitan dengan proyek di Ruang Berkarya Ibu. Semoga harga cabai segera stabil seperti hari biasa, jadi memudahkan saya untuk hitung - menghitung biaya produksi rencana proyek sambal teri saya hehe..

Terus semangat, jangan pernah menyerah. Lakukan dan kerjakan semuanya dengan sungguh - sungguh, bertahap dan penuh kesabaran. Nikmati prosesnya, agar semua menjadi indah pada saat yang tepat. Demikian progres proyek saya, tentang mensurvey harga cabai merah. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber : www.wikipedia.id

#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts