Minggu, 20 Mei 2018

Bawang Putih Bumbu Penyedap Dapur Kita



Bawang putih
Dok. Foto Slumuth Family


Assalamualaikum

Memasuki hari keempat Ramadhan dan hari Ahad, saatnya pergi belanja keperluan dapur ke pasar tradisional. Suasana pasar penuh sesak, ramai sekali. Berbagai macam lapisan masyarakat berkumpul jadi satu untuk melakukan kegiatan jual beli. Los ikan, daging, ayam, buah pisang, kolang - kaling semua ramai sesak.

Bagian sayuran dan bumbu pun tak mau kalah. Ramai dan gemuruh suara saling tawar menawar antara pembeli dan penjual. Emm jika akhir pekan di Pasar Way Halim dekat rumah pembeli harus cerdas. Karena pasar ini spesial, bisa beda harga saat Sabtu dan Ahad. Wow seru kan ya hehe..

Maka sambil belanja kebutuhan, hari ini saya juga membeli bawang putih sekaligus survey, di kisaran harga berapa per kilogram saat ini? Dan memang harganya ikut naik. Jika hari biasa per kilo diharga Rp 20.000an, jika ramadhan harga bisa mencapai Rp 28.000 - Rp 30.000 itupun untuk bawang putih biasa.

Si putih bumbu penyedap
Dok.foto Slumuth Family

Apa istimewanya bawang putih ini ya? Sampai harganya juga fluktuatif, yuk kita cari tahu bersama.

Menurut wikipedia,

Bawang putih dengan nama latin Allium sativum atau garlic ( bahasa Inggris ) adalah tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah.  Sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan dasar bumbu masakan di Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan dikeprek sebelum dirajang dan ditumis di penggorengan.

Menyambal memakai bawang putih, menumis, membuat sup, membuat bakwan, bakso, soto, gulai, tongseng, dan hidangan nusantara lainnya memakai bawang putih sebagai bumbu yang menyedapkan.

Dan kita tahu ya, kalau di negara kita memasak hampir selalu menggunakan baeang putih, termasuk sambal. Diakui atau tidak, keberadaan bawang putih dibumbu akan menambah citarasa masakan menjadi lebih sedap. Asal tidak berlebihan, karena bawang putih juga memilîki aroma yang menyengat.

Hari ini yang saya cek harganya adalah bawang putih biasa dan harga juga naik. Untuk harga bawang putih kating, besok dicek lagi saat pasar tak seramai hari Ahad hehe.

Saya tetap harus mencari perbandingan harga antara pasar satu dengan yang lain. Tentu saja dengan tujuan mencari harga yang lebih miring, sehingga menekan biaya produksi.
Mencari di pasar tradisional yang besar, menjadi pilihan yang bijak  dan cerdas untuk lebih hemat. Jika perlu mencari supplier khusus untuk menjaga kontinyuitas ketersediaan dan kestabilan harga bawang putih. Agar proyek berjalan lancar.

Wah makin memacu adrenalin dan deg - deg an. Ayo semangat untuk terus merealisasikan proyek  yang direncanakan oleh LINDA FOOD Semoga menjadi awal dari kesuksesan dan manfaat aamiin.

Wassalamualaikum

Sumber : www.wikipedia.id

#Linda Dwihapsari, kelompok 35
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerdas Melakukan Sensor Mandiri, Melindungi Generasi Berprestasi dan Punya Jati Diri

Zaman sekarang, siapa yang belum pernah menonton film atau tayangan program di televisi? Rasanya semua pernah menonton, walau tentu saj...

Popular Posts