Senin, 02 April 2018

Love Math di Slumuth Family





Assalamualaikum,

Teman hari ini di daerah kalian hujan tidak? Di lingkungan saya hujan sangat deras, diselingi kilat dan guntur. Sambil beraktivitas di dapur saat domestik sore, tak henti hati ini berdoa dan berlindung hanya kepada Allah. Jujur..suasana sore tadi membuat saya agak takut.


Dan hari ini di Slumuth Family terus semangat untuk menyelesaikan tantangan 10 hari di game level 6 tentang Love Math, Matematika di sekeliling kita. Wow, kira - kira apa ya yang mau saya ceritakan? Ayuk ikuti terus ya ceritaku. Sst, jangan bosan hehe.

Tanggal 2 April 2018, mulai masuk hari kelima tugas kelas bunda sayang. Membuat saya harus konsisten untuk mau menuliskan setiap harinya dengan rutin. Ini bukan hal yang mudah, karena saya harus mengatur kapan saat berpikir tentang kerangka tugas, kapan mulai menulis, dan mensubmit tugas. Untungnya paksu selalu menemani.

Membuat Soto Ayam Kampung

Itulah tema Matematika hari ini. Bukan sekedar berapa tadi uang yang dibelanjakan, dapat apa? Tapi ini maknanya dalam, maklum favorit dan permintaan khusus dari paksu eaa.

Maka sejak jam 15.30 WIB sore saya mulai merebus daging ayam untuk kaldu. 1 ekor ayam kampung belah 4 direbus dengan 1 sendok makan garam, 2 bawang putih yang dimemarkan, 3 cm jahe yang dimemarkan dan 750 ml air. Sembari menunggu ayam empuk, saya membersihkan perabot dapur, lanjut mengupas bumbu - bumbu dapur. Bumbunya antara lain :

Bahan :
1. 1/4 kg bawang merah, diiris dan dijadikan bawang goreng.
2, 1 ekor ayam kampung
3. 4 lembar daun salam
4. 3 batang serai memarkan
5. 4 cm lengkuas memarkan
6. 3 cm kayu manis
7. 5 buah kapulaga
8. 3 cm cengkih
9. 600 ml air
10. 2 sdm minyak goreng
11. 3 buah cabai jawa
12. Gula pasir secukupnya
13. Garam secukupnya

Bumbu halus :
1. 5 siung bawang putih
2. 3 butir bawang merah
3. 5 butir kemiri
4. 3 cm kunyit
5. 3 cm jahe
6. 2cm pala
7. 1 sdt ketumbar
8. 1 sdt merica

Pelengkap :
1. Soun rendam, tiriskan
2. Kol iris
3. Seledri iris
4. Tomat iris
5. Toge pendek
6. Kerupuk
7. Sambel cabai rawit
8. Kecap manis
9. Jeruk nipis

Wah banyak ya, pelengkap yang harus disiapkan. Maka saya pun asyik berkreasi di dapur sampai selesai hampir 2 jam.  Dari menggoreng daging ayam, menumis bumbu, merebus kuah soto. Untungnya sepulang kerja paksu membantu iris - iris sayuran dan adik menghaluskan sambal cabai rawit.

Done, semua dan dapur kembali rapi. Kemudian semua rehat menyambut Magrib. Baru setelah Magrib siap bersantap bersama dengan cara meracik sendiri - sendiri sesuai selera.

Ini pun menggunakan mangkuk favorit sendiri- sendiri hehe. Dari mulai menentukan jumlah bumbu, mengukur air kaldu, menentukan jumlah garam, gula semua berhubungan dengan Matematika. Hari ini mengasyikkan Matematika di dapur.

Demikian cerita tentang Matematika di sekeliling Slumuth Family, semoga makin mendorong kesukaan pada Matematika. I love Math. Semangat, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garam sebagai Pemberi Cita Rasa Asin

Assalamualaikum , Halo apa kabar semua? Hari ini sungguh hari yang padat kegiatan dan menyenangkan. Bulan ramadhan berjalan dengan l...

Popular Posts