Minggu, 25 Maret 2018

RBI2 Ruang Untuk Diriku



Ceria Bersama Rumbel Boga


Assalamualaikum

Halo teman, apa kabar akhir pekan ini kali ini? Kalau di Lampung hujan seharian, adem tapi untungnya saluran air lancar jadi aman. Oh iya, materi di RBI2 mulai masuk yang kedua loh. Saya diminta menuliskan untuk memberi ruang 7 bakat dominan dan 6 peran dominan. Ini makin seru  ya.


Tujuannya antara lain memberikan ruang pada diri sendiri untuk mengaktualisasikan sesuai potensi diri. Nah seperti apa ruang yang saya pilih bisa mengasah 7 bakat dominan dan 6 peran dominan dari ST30. Yuk ikuti terus tulisanku.


Berdasarkan 7 bakat dominan diri, dari 34 tema bakat di Pandu 45 :
1. Adaptability
2. Arranger
3. Communication
4. Developer
5. Ideation
6. Consistency
7. Positivity

1. Adaptability
Ruang yang dipilih di keluarga besar, di komunitas, menjadi pendengar, penyambung lidah mudah bersosialisasi dengan orang lain dan mudah menyesuikan dengan keadaan baru.

2. Arranger
Ruang yang dipilih menjadi PJ Rumbel Boga, memastikan program kerja rumbel bisa berjalan lancar.

3. Communication
Ruang dipilih di komunitas  menjadi fasilitator matrikulasi batch #5 tahun 2018. Karena menurut saya komunikasi yang baik, luwes sangat diperlukan untuk pŗoses mendampingi dan memfasilitasi teman - teman yang sedang belajar.


4. Developer
Ruang yang dipilih lingkungan keluarga, mendukung paksu untuk menambah kemampuan Bahasa Inggris. Belajar dengan kursus setiap pulang kerja.


5. Ideation
Ruang di keluarga, memberi ide untuk tema ramadhan atau project keluarga. Misal berbagi, dengan para janda kurang mampu di kampung halaman.

6. Consistency
Ruang yang saya pilih di komunitas, memenuhi tanngungjawab sesuai tugas. Misal sebagai PJ membuat laporan dan bertanggungjawab dengan kegiatan yang dilakukan untuk laporan ke manajer offline.


7. Positivity
Ruang menjadi admin WAG member. Setiap hari memberi semangat dan menghidupkan kelas member agar selalu ceria dan penuh energi positif.

Menjadi korlan bunda sayang, saya setiap hari memberi semangat untuk mengerjakan tantangan 10 hari dan melakukan yang terbaik. Alhamdulillah teman - teman tertular semangat dan bersegera mengerjakan tugas.

Kemudian berdasarkan 6 peran dominan dari ST30 Talent Mapping. Berikut hasilnya :

1. Administrator
Ruang yang saya berikan adalah menjadi notulen saat rapat di ķomunitas. Walau kesannya sederhana, tapi jika rapat yang dilakukan begitu banyak masukan dan bahasan, tidak dituliskan maka saat selesai akan hilang. Seperti kata pepatah, saya dengar, dan saya lupa.

Nah kalau ditulis dan dirangkum, rasanya lebih terstruktur dan mudah saat ada yang bertanya hasilnya. Tinggal buka notulen hehe..

2. Arranger
Ruang yang saya ambil menjadi PJ di Rumbel Boga. Rumbel Boga yang memiliki nama Happy Team beranggotakan 4 orang dengan jobdesc nya masing - masing. Jadi saya harus bisa memastikan peran dan tugas dapat dilaksanakan dengan baik.

3. Communicator
Ruang yang dipilih menjadi MC saat acara mengaji kelompok kecil. Di komunitas memilih peran menjadi Fasilitator Matrikulasi Batch 5 2018.

Karena seorang fasilitator juga harus bisa menyampaikan materi dengan cara yang mudah, begitu pula saat sesi diskusi, harus bisa menghidupkan kelas dengan cara yang tidak kaku. Membantu, mendampingi juga  memfasilitasi teman - teman yang sedang belajar di kelas matrik dengan sebaik - baiknya.

4. Creator
Ruang yang saya berikan adalah menjadi creator project di lingkup keluarga dengan merencanakan family project yang bermanfaat.

Di komunitas, menyumbangkan ide melalui program kerja rumah belajar untuk mengadakan bazaar yang berkolaborasi dengan semua rumbel saat Ramadhan. Ini akan dilaksanakan tanggal 8 April 2018. Tentu saja semua butuh kerjasama dengan tim lain agar solid dan terlaksana.

5. Journalist
Ruang yang saya pilih menjadi blogger. Menuangkan ide saya dalam bentuk tulisan dan untuk bisa dibaca, dibagikan pada orang lain. Misalnya, saya suka mengumpulkan resep masakan, maka resep tersebut saya praktekkan, didokumentasikan, dan saya publish di blog. Jadi saat ada jadwal berbagi resep, ini bisa digunakan. Manfaat untuk keluarga, komunitas, juga umum.

Salah satu resep saya pindang tulang


6. Motivator
Ruang yang dipilih keluarga juga komunitas. Saya senang memberikan dorongan juga dukungan kepada orang lain untuk terus bersemangat dan positive thinking.

Di keluarga, saat ada yang sedang butuh penasehat cie cie...maka saya dengan senang hati menjadi tempat curhat dan memberi dorongan semangat. Dalam kamus saya tidak ada ruang untuk kecil hati, mengeluh atau menyalahkan keadaan.
Hidup apapun kondisinya harus disyukuri dengan bahagia.

Ruang di komunitas, mengambil peran sebagai Admin WAG, yang setiap hari kecuali GFOS, terus memompa semangat member untuk mau aktif berkontribusi di kegiatan offline maupun online. Jadi diarahkan bahwa berkomunitas tidak hanya mengambil ilmunya saja. Tapi membangun komunitas juga menjadi tanggungjawab bersama.

Menghidupkan kelas member itu tantangannya asyik apalagi mendorong member untuk mau mengajukan diri masuk ke pengurus, amboi..luar biasa. Alhamdulillah berkat sinergi semua, bertambah jumlah pengurus tahun ini.

Demikian tugas memberi ruang diri untuk aktualisasi yang berhubungan dengan 7 bakat dominan, dan 6 peran dominan. Semoga di kelas ini, makin membuka ruang untuk bisa mengeksplore apa yang dominsn bagi saya. Semoga terwujud.

Wassalamualaikum

Linda Dwihapsari #35#RBI2
#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu





1 komentar:

Berapa Jumlah Nastar Yang Dibuat?

Nastar Homemade Assalamualaikum , Mengasah kecerdasan matematika logis untuk anak memang menjadi hal yang luar biasa. Karena se...

Popular Posts