Minggu, 18 Maret 2018

RBI2 Peran Dominanku Tugas Pertama



Assalamualaikum

Halo teman, apa kabar Ahad ceria ini? Semoga melalui akhir pekan ini dengan bahagia. Dan bisa cas energi lagi asyik. Oh iya, kali ini saya mau menulis tugas perdana dari kelas RBI2 ( Ruang Berkarya Ibu 2 ). Jeng..jeng tugasnya adalah mengidentifikasi bakat dan peran dominan yang mencerminkan siapa diri saya.


Yuk, langsung saja mengenali siapa diriku.

Berdasarkan 7 bakat dominan diri, dari 34 tema bakat di Pandu 45 maka saya memilih sesuai yang '' gue banget''.
Artinya saat melakukan aktivitas sesuai kesukaan ini mencerminkan saya yang sesungguhnya.

1. Adaptability
Saya termasuk tipe orang yang mudah beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Ini juga diakui oleh paksu. Bahkan saat bertemu dengan teman - teman paksu, saya bisa mudah menyesuaikan diri dalam kegiatan bersama. Teman paksu juga teman saya.

2. Arranger
Suka mengatur dominan sih tidak,  tapi saya mengatur berbagai hal dengan tetap memperhatikan masukan dari orang lain. Artinya saya mengatur tetapi tidak bersifat otoriter.
Contoh, saat berada di posisi sebagai PJ Rumbel Boga, saat akan membuat program kerja, saya selalu meminta masukan dan pendapat dari tim. Kemudian memadukan semua dan memilih yang sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Communication
Saya suka menyampaikan ide - ide yang bisa membantu orang lain. Bahkan terkadang sengaja di japri untuk memberikan masukan atau ide terhadap suatu kegiatan. Saya senang bisa membantu dan memberi masukan.

4. Developer
Saya memiliki jiwa ingin melihat kemajuan orang lain, suka memajukan orang lain. Ini bisa dilihat saat saya punya seorang teman yang sedang mengalami titik nol dalam kehidupannya.

Saling sharing, bertukar pikiran dan teman saya memulai usaha katering, meminta doa agar dimudahkan. Apa yang bisa saya lakukan? Ya tentu saja saya doakan dengan tulus agat usahanya lancar.
Saat luang waktu, saya juga membantu hehe walau ga sering seperyi bungkus - bungkus. Sambil terus memberi semangat.

Ada juga yang memutuskan resign dan lanjut kuliah lagi. Sempat khawatir dengan kondisi ekonomi. Dan saya memberi saran untuk tetap diniatkan karena Allah dalam mendidik anak. Ekonomi bisa dikembangkan dari kesukaannya berjualan online. Akhirnya sekarang mantap dengan pilihannya. Dan itu membuat saya bahagia.

5. Ideation
Saya bisa mendapatkan ide melalui apa yang saya alami, lihat dan ini diakui juga oleh paksu. Ide saya berloncatan dari kepala hehe..tapi sangat perlu dukungan paksu sebagai eksekutor. Terkadang diminta bersabar dan menuliskan ide saya agar tidak menguap begitu saja. Betul juga nih kata paksu.

6. Consistency
Saya adalah orang yang mengikuti aturan yang ada, tidak suka perbedaan hak dilihat dari pertemanan. Menurut saya itu tidak adil. Berikan apresiasi sesuai dengan usahanya.

7. Positivity
Saya dikatakan pandai membawa suasana riang dan ceria untuk teman - teman. Sebagai contoh, saat menjadi admin WAG setiap hari memberi semangat dan menghidupkan kelas member agar selalu ceria dan penuh energi positif. Kemudian saat jadi korlan bunda sayang, saya setiap hari memberi semangat untuk mengerjakan tantangan 10 hari dan melakukan yang terbaik. Alhamdulillah teman - teman tertular semangat dan bersegera mengerjakan tugas.

Kemudian berdasarkan 6 peran dominan dari ST30 Talent Mapping. Berikut hasilnya :

1. Administrator
Saya adalah orang yang senang mengumpulkan informasi dan menjadi salah satu sumber informasi. Jadi saya senang saat ada yang bertanya tentang sesuatu dan saya punya informasi yang dibutuhkan. Rasanya bisa membantu itu luar biasa.

2. Arranger
Saya senang dengan kegiatan mengatur berbagai sumber daya dalam suatu kegiatan yang membutuhkan koordinasi. Ini terlihat saat saya menjadi wakil ketua darma wanita, diminta membuat jadwal pertemuan juga mengajak ibu - ibu yang lain untuk partisipasi dan mensukseskan program bersama. Itu kata teman - teman di kantor paksu.

3. Communicator
Dalam bersosial, saya mudah untuk bergaul dan tidak canggung untuk memulai percakapan terlebih dahulu. Jika menjelaskan sesuatu mudah dipahami dengan cara sederhana. Tidak berbelit - belit.

4. Creator
Yang masuk dalam kelompok cipta, memiliki banyak ide yang muncul silih berganti. Biasanya ide saya tuliskan dalam buku kecil dan bisa dibuka lagi lain hari. Menurut saya itu harta karun yang suatu saat bisa menjadi tambang kreatif bagi kehidupan saya.

5. Journalist
Saya memiliki kesukaan dalam menulis baik berdasarkan cerita orang lain maupun pengalaman sendiri. Walaupun masih diwujudkan dalam bentuk tulisan di blog pribadi.

6. Motivator
Saya senang mendorong, memberi semangat pada sesuatu atau sekumpulan orang agar bisa sukses. Karena saya merasa saat bisa memberikan semangat pada yang lain, seperti mengeluarkan energi positif tetapi tidak pernah habis. Karena energi positif memantulkan energi positif juga, sehinga memberi dampak yang berlipat ganda. Itu bagi saya adalah hal yang paling saya suka.

Demikian tadi tugas pertama dari saya, semoga apa yang tertulis mewakili diri saya yang sesungguhnya. Saya tetap terus belajar juga  berproses untuk mengasah potensi bersama teman pembelajar di kelas RBI2 ini. Semoga RBI2 makin menebar manfaat untuk kemuliaan peradaban.

Wassalamualaikum

Linda Dwihapsari
Ibu Profesional Lampung
RBI2 Kelompok 35

Sumber
Pengalaman Pribadi
Pandu 45, Pak Dodik dan Bu Septi
ST30 Talent Mapping temubakat.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts