Senin, 05 Maret 2018

Pohon Literasi Slumuth Family


Assalamualaikum

Halo semuanya? Apa kabar? Semoga masih mengikuti cerita seru di Slumuth Family dalam rangka menyuburkan pohon literasi dengan membaca. Wah tak terasa ya teman, hari ini sudah masuk tantangan hari kelima, di game level 5 yang dimulai sejak tanggal 1 Maret lalu. Yuk ah..lanjut bacanya ya.


Sesuai pembagian jatah ( wih seperti jatah beras saja ups ) ..hari ini masih paksu yang menceritakan sedikit kisah tentang buku yang dibacanya. Buku yang berjudul SPIRITUAL SAMURAI dengan penulis Ary Ginanjar Agustian. 


Mengapa memilih buku ini? Yap karena isinya bagus dan penuh pesan moral. Kali ini yang diambil berjudul '' Aku Terpana Dengan Kejujuran Orang Jepang''.

Siap menyimak dan sambil minum hangat hehe. Buku ini memaparkan nilai - nilai bushido yang diwariskan kaum samurai dan tercermin di kehidupan masyarakat Jepang. Samurai adalah ksatria elit Jepang yang pemberani dan mahir bermain pedang namun memiliki sifat santun, setia, dan berpegang teguh pada prinsip etika dan moral.

Samurai Jepang diibaratkan bunga sakura yang indah namun berumur pendek, cepat gugur. Karena samurai selalu mengingat kematian. Wah keren sekali ya perlambangnya?

Kemudian mengenai kejujuran, ini diceritakan bahwa ada mahasiswa Indonesia yang tertinggal dompet berikut isi dan uang, lengkap pokoknya. Tertinggal di atas mesin ATM. Setelah sadar, kemudian melapor pada polisi dan pulang. Setelah 5 jam petugas menelpon dan memberikan informasi si dompet sudah ditemukan. Jujur ya..bisa dompet hilang kembali dan utuh lengkap dengan segala isinya.

Angkat topi benar dengan kejujurannya.

Selamat Datang di Negeri Dongeng, yaitu Dunia Kejujuran

Kisah berikutnya mengenai laptop tertinggal di stasiun kereta sebanyak 3 kali dan laptop tersebut kembali dengan utuh.

Kemudian hp pun demikian, hilang dan bisa ditemukan dalam keadaan baik. Kemudian dalam transaksi jual beli pun diliputi semangat kejujuran. Alangkah indahnya jika ada di negara kita..

Sebegitu jujurnya perilaku masyarakat Jepang walau sudah menjadi masyarakat modern. Karena kejujuran sudah menjadi habit dan membentuk karakter.


Ingin juga suatu hari nanti, generasi Indonesia menjadi generasi melek teknologi dan informasi,juga diliputi jiwa kejujuran dan tulus melayani. Semoga impian tercapai asmiin. Anda mengamini juga kan teman?

Mendengat cerita paksu dan sambil agak ngantuk, aktivitas  dilanjut dengan mengetik tugas ini. Hujan deras terasa memanggi diriku untuk segera tidur wk wk...hayo ah kerjakan tugas dulu baru rehat.

Em buku yang layak dibaca karena penuh nilai kejujuran dan bisa menjadi referensi belajar menjadi lebih baik.

Demikian tadi kisah di Slumuth Family, yang sedang seru dan semangat menyuburkan pohon literasi. Walau baru daunnya saja yang utama rutin membaca bersama. Semoga bermanfaat dan tetap semangat. Jadi apa pesan moral bukumu hari ini?

Wassalamualaikum

Sumber Inspirasi

Ary Ginanjar Agustian, Juli 2010, Spiritual Samurai, PT Arga Tilanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts