Sabtu, 03 Maret 2018

Pohon Literasi Slumuth Family




Assalamualaikum

Halo teman - teman? Apa kabar Sabtu ini? Semoga sudah ada rencana asyik untuk keluarga. Masih di game level 5 kelas bunda sayang Institut Ibu Profesional. Masuk hari yang ketiga. Wah ada yang seru apa nih di Slumuth Family, yea mari ikuti yuk.


Hari Sabtu ini jadwal kegiatan Slumuth Family super seru. Yap karena saya masih harus mengikuti acara Netizen Bank Indonesia yang menyelenggarakan Ngopi Bareng bersama sobat Rupiah setelah kemarin ada kegiatan pesta Netizen Blog dan Vlog  Competition di Jakarta. Seru acaranya dan banyak kenal teman baru dari berbagai propinsi.

Nah karena selesai acara langsung pulang ke Lampung, maka saya tadi hanya membaca buku 1 bab ringan. Masih dengan buku karya Sofie Beatrix Kitab Writer Preneur.
Kali ini saya membagi dan berdiskusi bahwa menulis juga memerlukan step tertentu agar menghasilkan tulisan yang bagus.

Stepn Menulis antara lain :
1. Menemukan Ide Tulisan
Ide tulisan bisa berasal dari pengalaman sendiri, mengamati, atau mengangkat cerita orang lain yang mengalami.
Dari buku, dan internet juga dapat terus memberi nutrisi otak untuk berpikir kreatif. Kemudian dari imajinasi ysng unik

2. Menulis sesusai ilmu yang dimiliki
Misal ahli kimia, bisa menulis buku yang berhubungan dengan kemampuannya.

3. Membutuhkan Alat Bantu
Alat bantu digunakan untuk mengembangkan ide. Maka pilih untuk fokus pada tulisan fiksi atau non fiksi.

4. Membuat Mind Mapping
Mind Mapping akan menjadi penuntun dalam mengeluarkan ide  yang berhubungan dengan tema dan memuat unsur 5 W + 1 H ( who, what, when, where, why, dan how)

5. Membuat kerangka berpikir.
Kerangka berpikir akan menjadikan kita menulis dengan lebih tersistematis. Sehingga keinginan menulis menjadi terbantu dengan baik.

Wah mantap juga jika dipraktikkan dalam menulis blog. Emm jadi tambah ilmu. Tinggal besok menyusulkan membuat pohon literasi Slumuth Family yang belum sempat dibuat. Rencana besok mencari kekurangan bahan dan langsung membuat berdua.

Nah demikan cerita di Slumuth Family hari ketiga. Walau kegiatan padat dan sedang bepergian, mengerjakan tugas menjadi prioritas utama agar tidak terbengkalai. Nah, teman..sudah membaca apa hari ini? Semangat ya..

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Sambal Rebon

Membuat Sambal Rebon Assalamualaikum , Halo teman apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Hari ini cuaca begitu ce...

Popular Posts