Rabu, 14 Maret 2018

Pohon Literasi Slumuth Family


Assalamualaikum

Halo teman, hari ini bertemu dengan saya kembali. Jangan bosan ya dengan cerita di Slumuth Family yang sedang merimbunkan daun di pohon literasi. Eh tak terasa sudah masuk hari keempat belas. Wah makin asyik dan menarik. Yuk ikuti, cerita tentang buku yang dibaca.


Hari ini, Rabu 14 Maret 2018, matahari bersinar cerah. Cahayanya seakan turun menerangi seluruh sisi dunia. Yap, setelah beberapa hari hujan, hari ini semangat jemur - jemur baju. Dan Alhamdulillah, kering semua. Waaa ini kok cerita jemuran hehe..maaf.

Sore ini yang mendapat tugas membaca adalah saya. Saya memilih sebuah buku seri Rasulullah Teladan Utama no 12 dengan judul Nasihat Bijaksana. Wah sepertinya penuh hikmah ini isinya.

Cerita dibuka dengan awalan bahwa Rasulullah saw, memenuhi sepanjang kehidupannya dengan nasihat - nasihat kebaikan bagi umatnya. Nasihatnya penuh hikmah dan sangat bijaksana.Menaati dan menjalankan nasihat - nasihatnya adalah jalan kemuliaan bagi segenap umatnya.

Lanjut ke sebuah cerita dengan judul Niat.

Diceritakan pada saat khutbah Jumat, berisi pokok nasihat tentang niat. Dijelaskan bahwa beramal harus ikhlas dan memurnikan semua amalan hanya untuk menggapai ridho Allah.

Kemudian cerita berlanjut, dengan diputarnya kotak amal kepada jamaah, ada yang tidak memasukkan karena lupa tidak membawa uang, dan ada seorang anak yang penuh percaya diri mengambil uang di saku dan memasukkannya ke kotak. Sambil berkata dalam hati, kalau dia memasukkan uang ke kotak amal.

Kemudian penceramah mengungkapkan sebuah hadits

Umar bin Al Khathab Ra berkata

 '' Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya setiap amalan bergantung pada niat. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkan. Siapa yang berhijrah karena Allah dan rasul-Nya, hijrahnya adalah pada Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrah karena dunia yang dia cari - cari atau karena wanita yang ingin dia nikahi, hijrahnya berarti pada apa yang dia tuju ( yaitu dunia dan wanita ) .''

HR Bukhari dan Muslim

Dan kemudian anak laki - laki itu pulang ke rumah dan bertemu adik perempuannya. Si adik meminta uang jajan yang dititipkan ibu kepadanya. Dan ternyata, olala..uang tersebut dimasukkan kotak amal masjid hehe.

Geli saya membaca cerita ini. Berarti anak laki - laki tadi belum mempersiapkan juga uang yang akan disumbangkan, tapi memakai uang jajan Si Adik. Jadi semua hal yang kita lakukan, baik buruk bermula dari niat.

Jadi meluruskan niat semata - mata hanya karena Allah yang akan berbuah pahala kebaikan. Sedangkan sikap riya' membuat niat terkotori dan bukan murni karena Allah.

Wah, cerita ringan tapi dalam penuh hikmah. Dan sebaiknya memang dalam hal apapun jangan lupa meniatkan untuk ibadah di jalan Allah. Demikian cerita buku di Slumuth Family hari ini. Semoga bermanfaat.  Jadi apa cerita hikmah bukumu teman?

Wassalamualaikum

Ali Muakhir, Anjar Ginanjar, Rasulullah Teladan Utama, Nasihat Bijaksana, seri 12, Sygma Creative Media Corp, Tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Hari Ke - 2 , Menangkal Pornografi dengan Fitrah Seksualitas

Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini masih diberi kesempatan untuk ikut belajar di level 11 kelas bunda sayang. Level 11 mengangkat...

Popular Posts