Senin, 12 Maret 2018

Pohon Literasi Slumuth Family





Assalamualaikum

Halo teman, tak terasa ya hari ini tanggal 12 Maret 2018, memasuki hari ke - 12 di game level 5 kelas bunda sayang. Waa waktu berlalu begitu cepat, dan banyak juga buku yang dibaca untuk menambah wawasan. Di Slumuth Family hari ini baca apa ya?


Tara...Hari ini saya yang gantian membaca buku. Dan buku yang saya baca sangat menarik karena sesuai passion saya di bidang kuliner. Judulnya A la Resto Italia yang diterbitkan oleh PT  Gaya Favorit Press.

Pertama baca judulnya langsung ingat dengan pizza hehe..benarkah pizza itu asalnya dari Italia. Penasaran kan? Yuk ikuti terus cerita saya. Paksu juga senang menyimak saat saya menceritakan buku ini.

Buku ini diawali dengan pembuka yang manis yaitu tentang kelezatan masakan Italia yang populer di Indonesia. Seperti Pizza dan Spaghetti Bolognaise emm yummy.




Italia memiliki beragam hidangan lezat yang cara mengolahnya sederhana. Kunci kelezatan terletak pada penggunaan bahan segar dan berkualitas juga aroma rempah yang khas. Yuk kenali lebih jauh biar makin asyik.

Di Italia mengenal jamuan makan biasanya siang dan malam hari. Hidangan pertama disebut primo ( sup atau pasta ), hidangan kedua ( secondo ) daging sapi, ikan, ayam, seafood ditambah penyerta ( contomo ) sayuran dan buah ( frutta ). Kopi untuk akhir jamuan espresso.

Ada juga istilah antipasti di Inggris disebut appetizer,  sedang di Perancis dikenal hors d'oeuvre.
Ada juga dolce atau disebut hidangan penutup.

Bahan dan Bumbu Khas

Pasta

Tak diragukanlagi pasta begitu terkenal menjadi lambang kuliner Italia yang berasal dari tepung durum. Mengandung banyak karbohidrat  dan berbentuk macam - macam. Spaghetti, fettucini, farfale, fusili, penne, macaroni, cannelloni, lasagna, ravioli,  dan tortelli.

Keju

Dibuat dari susu sapi, susu kerbau, dan susu domba. Terdapat lebih dari 20 macam keju khas Italia. Ada keju parmesan, ricotta, mozzarella, gorgonzola, dan marcarpon. Keju memberi rasa asin dan gurih. Sebagai taburan pasta, campuran risotto,salad, emm enak.

Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun banyak digunakan untuk hidangan Italia. Untuk menumis, dressing, olesan, atau campuran hidangan pasta. Ada yang extra virgin olive oil, light olive oil. 

Tomat

Dalam kuliner Italia, tomat memiliki tempat khusus dan menjadi favorit. Tomat dibuat saus tomat, puree tomat, topping pizza, jus tomat, juga  campuran risotto.

Rempah Daun

Herb yang sering digunakan adalah oregano, bay leaf, thyme, rosemary, peterseli, marjoram, dan tarragon. Masing - masing rempah ini memberi aroma khas di hidangan.

Kemudian seperti es krim gelato juga berasal dari Italia. Wah apalagi melihat gambarnya yang full colours jadi bikin ngiler hehe..

Pertanyaanya adalah, apakah saya mempraktekkan resep di buku? Jawabnya iya pernah tapi resep tertentu. Seperti spaghetti dan membuat saus tomat. Rasanya ringan di lidah tapi lezat.

Bagi saya, membaca buku tentang resep mancanegara menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi perkembangan dunia kuliner memang dinamis dan selalu kekinian. Kalau saya tidak terus belajar, bisa tertinggal. Belajar mengenai kekayaan kuliner negara lain tanpa pergi jauh ya melalui buku. Dengan membacanya.

Demikian cerita buku yang dibaca di Slumuth Family, makanan bisa menyampaikan pesan moral dan perasaan. Juga membawa pesan perdamaian, melebur dan beradaptasi dengan cita rasa lokal. Serunya membaca buku kuliner..semangat terus teman. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum
Sumber Inspirasi
Primarasa Seri Masak Femina, A La Resto Italia, Gaya Favorit Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Sambal Rebon

Membuat Sambal Rebon Assalamualaikum , Halo teman apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Hari ini cuaca begitu ce...

Popular Posts