Kamis, 29 Maret 2018

Matematika di Sekelilingku







Assalamualaikum

Hai..hai..apa kabar semua? Semoga selalu semangat meniti hari. Tak terasa belajar di kelas bunda sayang sudah masuk materi 6 tentang Matematika Logis. Dan ini sangat menarik. Kita sadari atau tidak, Matematika memang ada di sekitar kita. Dan tiba saatnya Slumuth Family ikut bermain seru. Yuk ikuti terus ya.


Hari ini adalah hari pertama di tantangan 10 hari game level 6 tentang Matematika di Sekeliling kita. Dan hari pertama dimulai dengan aktivitas berhitung uang belanja hehe.

Jadi, ceritanya selesai melakukan pekerjaan domestik pagi, saya pergi ke pasar tradisional. Jaraknya tak jauh dari rumah, cukup berjalan kaki saja. Nah tapi ya, ngomong - ngomong, saya selama ini tak pernah menghitung jarak pasti antara rumah dan pasar. Yuk cari tahu paksu saja soal jarak ini.

'' Yah, jarak dari rumah ke pasar itu ada berapa ratus meter ya? Setengah kilometer ada tidak?'' Saya bertanya sepulang paksu kerja.

'' Sekitar 250 meter jaraknya.'' Jawab paksu.

Oh pantas dekat ya, saya membatin dalam hati.
Kemudian obrolan berlanjut, yap..paksu menanyakan tadi saat ke pasar beli gula aren tidak?  Saya memberi penjelasan bahwa tadi membeli gula aren 2 kg. Untuk dibawa pulang. Keluarga memang sudah sejak lama minum dengan gula aren, gula pasir hanya untuk tambahan memasak.

Nah, itu Matematika kan ya? Betul sekali. Kemudian saat saya berbelanja keperluan dapur. Membeli sayuran, buah jeruk dan seekor ayam kampung. Sayuran harganya stabil dan ayam kampung pun stabil Rp 50.000,- per ekor kecil.
Dan yang paling membuat kaget, harga jeruk Medan yang biasanya Rp 13.000 per kg ukuran kecil menjadi Rp 17.000,-
Oh harganya berubah hehe dan saya tidak menawar juga.

Mengapa belinya ayam kampung? Karena lebih sehat, tidak disuntik hormon. Dan memang sejak 5 tahun lalu saya sudah tidak dianjurkan makan ayam broiler, juga telurnya.  Emm jadilah sore tadi membuat ayam ungkep kuning dan ayam kuah asam wortel.




Terus mengapa pilih jeruk Medan, bukan jeruk impor? Jeruk Medan bagi saya istimewa rasanya, segar asam pokoknya suka. Sekaligus juga mencintai dan menghargai jerih payh petani lokal. Dapat jeruknya, dapat pula kontribusinya walau hal kecil.

Jadi seharian ini benar, banyak hal yang bersinggungan dan berkaitan dengan Matematika. Wow I love Math. Jadi apa Aktivitasmu yang berhubungan dengan matematika hari ini teman? Yuk terus cari dan temukan Matematika di sekeliling kita. Sampai jumpa...

Wassalamualaikum

Sumber
Pengalaman pribadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sambal Kedondong, LINDA FOOD Day 71

Assalamualaikum , Halo berjumpa lagi dengan LINDA FOOD untuk bercerita tentang progres rencans project di Ruang Berkarya Ibu. Kali...

Popular Posts