Sabtu, 10 Februari 2018

Pentingnya Adab Sebelum Ilmu


Sungguh saya tidak pernah menyangka bahwa obrolan saya dengan suami tahun 2017 saat sedang mengikuti kelas Matrikulasi Koordinator IIP Batch #4 periode Mei - Agustus 2017 menjadi kenyataan.


Saat itu sembari aktivitas di dapur saya ngobrol dengan paksu untuk minta doa restu, suatu hari nanti bisa juga menjadi fasilitator untuk menemani dan memfasilitasi teman - teman yang belajar di kelas matrikulasi. Alhamdulillah tahun 2018 Allah memberikan kesempatan itu. Terharu..

Dan saya yang berasal dari regional Ibu Profesional Lampung, mendapat amanah untuk memfasilitasi dan mendampingi teman - teman dari DKI Jakarta 4. Deg - deg serr maak...
Apa lagi saat Senin, 22 Januari 2018 adalah hari bersejarah bagi saya dan teman - teman matrikan. Karena hari perdana saya menjadi Fasilitator Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch#5 DKI Jakarta 4.

Materi perdana adalah tentang Adab Menuntut Ilmu. Adab sebagai pondasi utama sebelum seseorang mempelajari ilmu. Menerapkan adab yang baik sebelum menuntut ilmu akan membuat si penuntut ilmu menjadi cinta kepada ilmu dan kepada Sang Maha Pemilik Ilmu.

Dan sebagai madrasah pertama bagi buah hati, seorang ibu memiliki tanggungjawab besar untuk menularkan adab yang baik kepada keturunannya kelak.

Ilmu seperti cahaya yang masuk ke dalam hati, maka agar menembus dan tersimpan di hati, sebelum menuntut ilmu perlu terlebih dahulu membersihkan hati agar proses belajar menjadi lancar. Sucikan niat karena Allah, kosongan dan pindahkan ilmu yang kita pelajari ke ruang tersendiri, dan isikan dengan ilmu baru yang ingin dipelajari.

Harapannya ilmu dapat diterima dengan baik. Dan menambah kebaikan si penuntut ilmu. Adab yang harus dipenuhi antara lain adab pada diri sendiri, adab terhadap guru, dan adab terhadap sumber ilmu. Kemudian kemana ilmu yang kita pindahkan di ruang tersendiri?

Ilmu yang kita miliki kita amalkan kepada orang lain. Saat kita mengamalkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain, maka kita telah memberi manfaat kebaikan kepada yang lain. Ibarat kata, kita mengunci ilmu dengan amal yang kelak menjadi tabungan bagi keberkahan hidup kita di dunia maupun akhirat InsyaAllah,  aamiin.

Pentingnya Menuntaskan Ilmu yang Kita Pelajari

Bersungguh - sungguh dalam menuntut ilmu dan menuntaskan ilmu yang kita pelajari. Karena menuntaskan ilmu yang kita pelajari adalah sebagai bentuk tanggungjawab kita terhadap ilmu yang kita pilih untuk dipelajari. Karena keutamaan ilmu bukan terletak pada banyaknya yang dipelajari, tetapi terletak pada sampai sejauh manakah kita bisa mengaplikasikan ilmu - ilmu tersebut dalam kehidupan sehari - hari sehingga berbuah amal sholeh.

Ilmu yang bermanfaat adalah amalan yang tidak pernah terputus. Jadi apakah saya sudah melakukannya? Saya sedang memulai langkah kecil untuk bisa mencapainya.
Semoga dengan mendampingi teman - teman di kelas matrikulasi, membuat saya juga terus belajar untuk menjadi lebih baik. Doakan saya..

Sang Bumi Ruwa Jurai,
11 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sambal Kedondong, LINDA FOOD Day 71

Assalamualaikum , Halo berjumpa lagi dengan LINDA FOOD untuk bercerita tentang progres rencans project di Ruang Berkarya Ibu. Kali...

Popular Posts