Kamis, 15 Februari 2018

Lodeh Nangka Kacang Panjang Menggoda Selera

Lodeh nangka kacang panjang

Assalamualaikum

Halo semuanya apa kabar? Wah lama nih saya tidak posting resep, kangen juga ternyata. Karena memasak adalah hal yang mengasyikkan bagi saya, rasanya masih ingin terus belajar dan menambah wawasan yang berhubungan dengan dunia kuliner.


Dunia kuliner sangat dinamis, terus bergerak maju, makin kreatif orang - orang juga makin banyak varian dan kreasi yang diciptakan. Dari yang tradisional sampai modern kekinian.

Tapi ya kembali kepada selera masing - masing dan selera lidah hehe. Kalau saya mencoba yang kekinian oke, hanya tetap cinta berat dengan yang tradisional. Emm sepertinya memang ini dunia yang penuh warna.

Jadi, kerinduan pada cita rasa tradisional membawa imajinasi saya membayangkan lezatnya sayur lodeh berbahan nangka mudah. Tanya paksu sebagai konsumen utama ya langsung acc saja. Okey..siap ke pasar berburu bahan mentah.

Ternyata..saya harus menahan kecewa, saat ke pasar tak menemukan nangka muda, batal deh buat sayur lodehnya. Sabar..sabar.. Menunggu seminggu pencarian dilanjutkan, dan olala..bahagianya saya, saat mendapatkan bahan utama. Kemudian saya beli kelapa parut, dan 2 ikat kacang panjang. Siap eksis di dapur.

Dan ini resep Sayur Lodeh Nangka Kacang Panjang ala Linda.


Bahan :
1. 1/2 kg nangka muda, cuci, cacah kecil, rebus dan tiriskan
2. 2 ikat kacang panjang, cuci, potong 4 cm
3. 4 lembar daun salam
4. Satu jari lengkuas, memarkan
5. 1 butir kelapa parut
6. 750 ml air untuk membuat santan
7. Garam secukupnya
8. Gula merah secukupnya
9. 50 gram rebon ( skip bila tak suka )
10. 20 cabai rawit hijau, utuh

Bumbu Halus :
1. 5 butir bawang merah
2. 4 siung bawang putih
3. 4 butir kemiri
4. 6 buah cabai merah besar
5. I iris tempe kurang lebih 25 gram

Cara Membuat :
1. Siapkan panci, masukkan santan dan bumbu halus.
2. Masukkan daun salam, lengkuas dan rebon kecil.
3. Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih dan aroma bumbu kuat tercium hidung.
4. Masukkan nangka muda, garam, dan gula aduk rata.
5. Masukkan kacang panjang, aduk agar santan tidak menggumpal. Masukkan cabai rawit utuh.
6. Koreksi rata dan matikan api.
7. Sajikan hangat

Yummi..rasa gurih santan dan uniknya nangka mudah berpadu mesra dengan kacang panjang. Ditambah sensani pedas  cabai rawit dan sentuhan rebon membuat rasa lodeh makin menggoda. Waaa..jadi ingin cepat - cepat ambil piring dan menyantapnya.

Lebih enak lagi disantap dengan teman sambal terasi dan ikan goreng ( xixi saya tidak sempat membuatnya) langsung serbu sayurnya dengan nasi putih hangat.

Emm sepertinya cita rasa Lodeh Nangka Kacang Panjang ini bisa jadi andalan saat kumpul bareng. Makan ramai - ramai pasti lebih bermakna. Yang asli Indonesia yang sulit dilupa.Slumuth Family mengakuinya. Semoga bermanfaat ya..sampai jumpa.

Wassalamualaikum




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garam sebagai Pemberi Cita Rasa Asin

Assalamualaikum , Halo apa kabar semua? Hari ini sungguh hari yang padat kegiatan dan menyenangkan. Bulan ramadhan berjalan dengan l...

Popular Posts