Rabu, 31 Januari 2018

Slumuth Family Project




Ini adalah pengalaman project pertama yang melibatkan orang banyak. Berawal dari hal sederhana dan dekat dengan kehidupan. Ramadhan tahun 2017 menjadi penuh kesan dan pembelajaran penuh hikmah bagi Slumuth Family.


Siang itu saat mudik ke kampung halaman saya. Dan panggilan sholat berkumandang, saatnya Zuhur. Bergegas paksu bersiap menuju mushola yang tak jauh dari rumah. Mushola Baitussalam namanya. Eh ternyata sedang direnovasi dan mandeg karena kekurangan dana.

Kusen jendela belum terpasang, atap bocor, karpet sholat juga minim. Rupanya itu terekam jelas di benak paksu. Selesai sholat, kemudian menemui pengurus mushola dan saling berdiskusi.

2 hari kemudian kami berdua pulang ke rumah dan beberes rumah. Sambil ngobrol bareng, paksu mengutarakan ingin membantu mushola tapi dana pribadi ya ada hanya tak banyak. Ah saya merasakan keinginan paksu dan mengusulkan untuk menjadikan keinginannya sebagai  project ramadhan dengan mengumpulkan dana dari para donatur.

Akhirnya paksu setuju dan mulai menyusun rencana.
Pertama membuat flyer, kedua menshare di medsos selama seminggu, Ketiga mendata calon donatur potensial bisa saudara, kerabat atau teman. Target tidak muluk - muluk Rp 5.000.000,- saja.

Flyer yang dishare di Instagram



Dan rencana dijalankan. Seminggu itu Alhamdulillah terkumpul dana tepatnya sebesar Rp 10.521.000,- dan 4 roll karpet.




Kemudian kami langsung menserah terimakan kepada pengurus dengan berita acara sebagai bukti pertanggungjawaban.




Sekarang Mushola Baitussalam menjadi Mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah. Sore pun ramai dengan kegiatan tpa anak - anak. Semoga makin berkah rezeki para donatur.

Yang dirasakan saat menjalankan family project adalah semangat untuk bisa membantu dengan mengandalkan jejaring tali silaturahim sekaligus melatih kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan berani menghadapi tantangan. Ya hanya bermodal Bismillah,  niat baik Allah memudahkan jalan project Slumuth Family terlaksana.

Efeknya kami ingin lagi membuat project yang sederhana tapi bermanfaat. Slumuth Family bersama keluarga besar ingin membuat rumah baca di kampung halaman untuk mendukung gerakan literasi bagi anak usia SD. Kemudian sesuai passion saya ingin membuat project yang berhubungan dengan dunia kuliner. Doakan ya agar terlaksana.

Bukan hal besar yang diperlukan tapi mulailah dari hal yang kecil. Memulai dari hal yang sederhana dan ada di sekitar kita. Semoga secara perlahan keberadaan keluarga Slumuth Family membawa kebermanfaatan menuju kebaikan. Kalau kamu, kapan mulai buat family project?

13 komentar:

  1. Inspiratif mbak.. Semoga kami bisa menyusul. Aamiin

    BalasHapus
  2. Barakallah.. Project-nya langsung bisa dirasakan umat.

    BalasHapus
  3. Barakallah... Projectnya inspiring...

    BalasHapus
  4. Masya Allah

    Terimakasih inspirasinya mba, matap projectnya

    BalasHapus
  5. inspiratif sekali. ditunggu cerita project selanjutnya. karena kamipun sedang ingin melakukan hal sama. 😊

    BalasHapus
  6. Barakallah...family projectnya mantap banget mbak. Sukses teruss yaa...

    BalasHapus
  7. Benar² proyek besar ini mbak, yang bisa dinikmati banyak orang.

    BalasHapus
  8. Masya Allah..family projectnya benar-benar langsung terasa di masyarakat ya mba.. menjadi media belajar yang amat bagus bagi anak-anak agar mereka lebih bisa belajar membantu menjadi solusi bagi permasalahan umat.. terimakasih mba sudah berbagi cerita :)

    BalasHapus
  9. Waaah.. Masya Allah, project-nya indah sekali Mba. Tidak hanya untuk keluarga, tetapi untuk lingkungan dan umat Islam. Barakallah Mba, selalu salut dengan yang melakukan project sosial. Semoga bisa mengikuti jejaknya untuk senantiasa bermanfaat bagi lingkungan :)

    BalasHapus
  10. Masya Allah.. barakallah ya mbak. Terus menebar manfaat ya mbak.

    BalasHapus
  11. MasyaAllah... Barokalloh Mbak... Semoga projectnya segera terwujud. Dan kami bisa segera menyusulmu melaksanakan project kami. Terimakasih mbak atas sharingnya.

    BalasHapus
  12. waaaah efeknya luar biasa ya.. tidak hanya keluarga yang merasakan dampak positifnya, tapi juga lingkungan sekitar.. barakallahu fiikum...

    BalasHapus
  13. MasyaAllah.... Inspiratiiiifff 😍😍😍

    BalasHapus

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts