Sabtu, 06 Januari 2018

MELATIH KECERDASAN SPIRITUAL ( SQ ) DIRI SENDIRI DENGAN IKUT KAJIAN




Assalamualaikum,

Halo apa kabar teman - teman? Ini sudah week end ya, asyiknya bisa bersantai berdua dengan paksu di rumah. Beres - beres dan nonton acara kuliner di televisi. Dan hari ini masuk hari ketiga dalam melakukan tantangan 10 hari game level 3 di Institut Ibu Profesional. Temanya masih melatih kecerdasan spiritual diri sendiri.

Lalu apa nih, yang saya lakukan. Alhamdulillah beruntungnya saya hari  Sabtu tanggal 6 Januari 2018 mendapat undangan untuk ikut kajian bersama di Masjid Al Ikhlas Sukarame, Jl Karimun Jawa. Materinya tentang tafsir Surah Al - Kafiruun dan disampaikan oleh Ustadz Khumaidi, LC, MA. Jarak Masjid Al - Ikhlas sekitar 7 kilometer dari rumah. Paksu bersedia mengantar dan menjemput, senangnya saya.

Kami pun berdiskusi dan sepakat berangkat pukul 12.30 WIB dari rumah, karena acara dimulai pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB. Saya juga janjian dengan Fitri teman ngaji saya untuk bersamaan karena terus terang saya dan Fitri belum tahu letak masjidnya sebelah mana. Paksu sih katanya tahu, pernah ikut acara juga di sana. Sip, ada guide yang membantu hehe.

Setelah urusan rumah beres, makan siang dan sholat Zuhur, saya diantar paksu dengan motor kesayangan menuju tempat janjian. Bismillah, semoga hari ini dilancarkan untuk datang ke majelis ilmu dan senantiasa dalam keberkahan Allah aamiin. Tak lupa saya membawa alat tulis untuk membuat catatan dan botol minum sendiri. Suasana mendung cantik, jadi tidak terlalu panas.

Perjalanan lancar, hanya sedikit melambat saat melewati fly over yang di dekatnya sedang ramai ada Mall baru. Ehmm sikap konsumtif masyarakat terlihat sekali, saat ada Mall baru pengunjungnya membludag sampai parkir tak menampung volume kendaraan, akibatnya jadi parkir ke bahu jalan dan antrian kendaraan mengular panjang. Lha ini kok malah cerita Mall baru, maaf yuk dilanjut.

Tak lama kemudian, saya bertemu dengan Fitri dan bertiga  meluncur mencari alamat masjid. Melewati jalan yang lumayan sepi, terus ke arah perumahan, loh kok tak sampai - sampai. Saya bertanya pada paksu, ternyata lupa pas posisinya dimana ulala, ayank beb lupa, karena saat acara dulu,  malam hari jadi tidak hapal pasnya sebelah mana. Kami bertiga berhenti dan melihat map. Ow kebablasan, harus putar balik.

Akhirnya putar balik perlanan sambil lihat kiri - kanan. Wah bisa telat nih, saya membatin. Kami berhenti dan bertanya pada penjual pulsa letak Masjid Al - Ikhlas gang Ikhlas. Penjual menunjuk arah sebrang yang ada gapura berwarna hijau, waaa ternyata dekat. Memang plang penunjuk jalan sedang hilang jadi wajar kalau kami tidak tahu.

Jamaah antusias mendengarkan tausiah

Setelah mengucapkan terima kasih, kami melanjutkan perjalanan dan sampai. Alhamdulillah acara belum mulai. Saya dan Fitri masuk dan paksu bersilaturahim ke rumah temannya.

Acara dimulai dengan membaca Al - Quran Surah Al - Maidah ayat 1 - 63 secara bersama dan tak lama Ustadz datang memberikan materi tentang sejarah dibalik turunnya Surah Al - Kafiruun. Yaitu berkaitan dengan usaha kaum kafir untuk menghentikan dakwah Nabi Muhammad dengan memberikan tawaran yang menggiurkan. Juga berhubungan dengan aqidah tentang menyembah Allah, sedangkan kaum kafir menyembah sesembahan selain Allah.

Kemudian acara dilanjut tanya jawab yang berlansung seru dan khidmat. Semua menyimak dengan penuh rasa syukur. Ya tentu saja bersyukur, karena Allah masih memberi nikmat sehat dan hati penuh iman untuk menuntut ilmu agama. Mungkin di luar sana masih banyak orang yang terbaring sakit, sibuk dengan dunia sehingga tak bisa belajar bersama di majelis ilmu.

Dalam menjalani hidup memang kita harus seimbang antara kepentingan dunia dan akhirat agar hidup menjadi tak sia - sia. Di Slumuth Family saling mendukung adalah keharusan, sebagai wujud perbaikan bersama untuk menjadi insan yang lebih baik. Kejarlah duniamu seolah - olah engkau hidup selamanya, dan kejarlah akhiratmu seolah - olah engkau akan mati esok. Demikian catatan hari ketiga di Slumuth Family, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garam sebagai Pemberi Cita Rasa Asin

Assalamualaikum , Halo apa kabar semua? Hari ini sungguh hari yang padat kegiatan dan menyenangkan. Bulan ramadhan berjalan dengan l...

Popular Posts