Kamis, 18 Januari 2018

Melatih Kecerdasan Intelektual ( IQ )




Assalamualaikum

Halo apa kabar hari ini? Ceria dan sehat ya, oh iya tak terasa hari ini masuk hari ke-15 di game level 3. Masih tentang melatih kecerdasan intelektual. Tapi hari ini seru sekali.


Hari ini Kamis tanggal 19 Januari 2017 saya dan teman - teman matrik belajar tentang google classroom. Ya karena batch 5 ini tugas dikumpulkan di GC bukan fb lagi. Jadi saya juga belajar karena ini hal yang menarik. Walau di kelas bundsay koordinator sudah belajar, tapi posisi sebagai siswa.

Nah di kelas matrikulasi ini, saya sebagai guru yang bisa memberikan tugas, pertanyaan, atau pengumuman. Jadi hari ini saya membuka aliran untuk memberikan tugas berupa simulasi penyetoran tugas.  Kemudian saya klik tanda + mencari kolom tugas. Dan menulis simulasi penyetoran tugas berupa profil diri dan foto. Saya beri batas waktu besok Jumat pukul 23.59 WIB agar saling belajar. Dari 46 siswa, yang bergabung sampai penilaian siang tadi ada 43 siswa. Alhamdulillah malam sudah 45 siswa.

Nah saat saya memberikan simulasi tugas, wow reaksinya luar biasa. Heboh duluan, panik hehe..dan saya ingatkan untuk baca tutorial perlahan dan ikuti pasti bisa, saya memberi semangat dan motivasi. Langsung yang punya waktu luang mengerjakan dan setor tugas.

Tugas berupa lampiran yang diserahkan ada 2 lampiran. Jadi di tutorial ada tahapan yang bisa diikuti siswa masuk google classroom jika sebagai siswa cari to do list yang memperlihatkan tugas guru, kemudian klik menu your work, kerjakan langsung dengan add + dan pilih file yang ingin digunakan untuk mengerjakan tugas.



Kemudian lanjut dengan turn in dan ada keterangan done, tugas selesai. Langsung banyak siswa yang menyetorkan tugas. Senang rasanya melihat semangat teman - teman semua.

Kemudian sebagai guru saya harus mengecek satu per satu tugas dari siswa. Yang pertama saya lakukan adalah klik aliran dan lihat yang mengumpulkan tugas. Ada yang sudah selesai mengumpulkan, ada yang belum. Kemudian di klik bagian yang mengumpulkan dan diperiksa. Kemudian diberi skor nilai 100/100 dan saya returned atau saya kembalikan kepada siswa.



Simulasi berlangsung penuh semangat, banyak juga yang bertanya di WAG dan saling membantu. Saya mendampingi dan memberi motivasi dengan harapan semua teman - teman terbiasa mau membaca setiap informasi yang diberikan. Karena awal dari semangat belajar adalah mau membaca, mencari tahu, dan mencoba. Jangan takut salah karena semua adalah proses belajar. Semua guru semua murid, saling membantu untuk maju.

Akhirnya sampai malam  jam online belajar masih asyik saling tanya jawab terkait simulasi. Semua mendapat pengalaman baru, termasuk saya yang harus berani mencoba juga, walau dibantu dengan pendampingan paksu yang saya ajak simulasi guru dan murid saat GC belum terisi.

Benarlah kata bijak yang mengatakan bahwa keluar dari zona nyaman menjadi tantangan tersendiri dan belajar hal baru itu menambah pengalaman diri sendiri yang bisa dibagikan kepada orang lain. Demikian pengalaman belajar hari ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garam sebagai Pemberi Cita Rasa Asin

Assalamualaikum , Halo apa kabar semua? Hari ini sungguh hari yang padat kegiatan dan menyenangkan. Bulan ramadhan berjalan dengan l...

Popular Posts