Rabu, 17 Januari 2018

Melatih Kecerdasan Intelektual ( IQ ) Diri Sendiri



Assalamualaikum,

Apa kabar hari ini? Semoga selalu baik dan tetap semangat. Hari berganti tak terasa sudah masuk tugas tantangan game level 3 di hari ke - 14 tentang melatih kecerdasan.


Kali ini saya ingin menuliskan tentang kemampuan bahasa, bahasa tulisan yang merangkum hal - hal penting dalam proses pembelajaran yang saya lalui. Saya ingin mendokumentasikan dalam bentuk cerita pengalaman di blog tugas, sekaligus menjadi tulisan yang bisa  mengikat makna.

Flash back sebulan yang lalu, bulan Desember tahun 2017 saat sedang belajar materi komunikasi produktif di game level 1 kelas bunda sayang. Saya memilih paksu sebagai patner, lha iya kan di rumah masih berdua hehe. Jadilah saya setiap hari mendokumentasikan dan menuliskan tentang komunikasi produktif di Slumuth Family. Konsisten dan komitmen selama 15 hari menjadi tantangan tersendiri.

Dan hari ini di kelas Bunda Sayang Batch 3 Sumatera 2 kedatangan tamu selama 30 menit di pertukaran pelajar. Waa jadi serasa diingatkan saat pertukaran pelajar, dan saya belum menuliskannya. Jadilah hari ini saya tuliskan.

Sebelum masuk untuk menjadi tamu di pertukaran pelajar saya sudah mendapat pesan dari Mba Asty fasil kelas internasional untuk menentukan jam, kalau hari sudah ditetapkan , yaitu Senin 11 Desember 2017, dan saya minta pukul 10.00 WIB. Wah asyiknya belajar di Institut Ibu Profesional mau pertukaran pelajar dan berangkat ke kelas Internasional tak perlu biaya mahal, hanya modal kuota dan keramahan untuk berbagi pengalaman, seru kan?

Paksu juga saya beritahu dan mendukung saya. Ah jadi deg - deg an akan bertemu teman - teman baru dari berbagai negara. Saya tidak bisa membayangkan teman - teman tetap semangat saling berbagi menembus batas waktu, tapi urusan belajar tetap jalan. Salut luar biasa.

Dan mulailah saya masuk kelas, menyapa dan disapa, wuih teman - teman ramah dan antusias, apalagi saat saya share profil diri bahwa saya hobinya memasak, sampai ada yang tanya makanan favorit apa? Masak agar enak tipsnya bagaimana? Upps ini jadi gagal fokus hehe..biasa emak kumpul walau di grup WA tetap saja heboh ramai.

Akhirnya kembali pada bagaimana saya menerapkan komunikasi produktif hingga bisa menjadi kebiasaan di rumah. Ya karena saya dan paksu berusaha saling memahami, membantu, memotivasi, juga mendukung aktivitas masing- masing sebagai bentuk aktualisasi diri. Menyadari adanya perbedaan saya sikapi dengan lebih banyak mendengar dan mengerti.

Di kelas internasional juga saya memberi penekanan pentingnya memilih waktu yang tepat ( choose right the time )  saat ingin mengutarakan sesuatu kepada pasangan agar hasil yang diinginkan tercapai, dan komunikator bertanggungjawab atas pesan yang ingin disampaikan pada komunikan.

Tanggapan dan sharingnya luar biasa, dari Malaysia, Singapura, Jepang,Swiss, Korea, dan lainnya membuat saya jadi terharu dengan kehangatan yang diberikan. Saya juga memberikan sedikit tips bahwa pasangan kita adalah cerminan dari diri kita, jadi pantulkanlah hal baik saja sehingga berbalik hanya kebaikan. Sebagai penutup saya memberikan quotes yang saya jadikan pengingat diri.


Akhirnya perpisahan terjadi, kami saling mengucap salam dan menguatkan, bahwa sebagai perempuan, kita harus selalu terus mengupgrade diri agar tak tak tertinggal zaman dengan tetap memiliki kepribadian yang kuat. Dan saya dapat oleh - oleh juga dari Mba Asty.


Alhamdulillah dapat kenang - kenangan cantik yang akan saya jadikan kenangan untuk memotivasi diri saat butuh cas energi.

Menjadi seorang pembelajar adalah pilihan yang harus dilalui dengan segala konsekuensinya. Belajar sepanjang hayat, tak peduli menembus batas ruang dan waktu. Belajar untuk menambah kebermanfaatan diri sendiri, keluarga juga orang lain. Slumuth Family terus belajar untuk bisa berbagi dan menginspirasi. Demikian catatan tugas hari ini semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts