Senin, 15 Januari 2018

Melatih Kecerdasan Intelektual ( IQ ) Diri Sendiri


Assalamualaikum,

Semangat Senin semua..wah hari ini menyenangkan. Karena sudah masuk hari ke - 12 di tantangan game level 3. Kali ini saya ingin menuliskan tentang hal yang berkaitan dengan kecerdasan intelektual. Mengorganisir, merencanakan, memberi solusi, memberikan jawaban dan keputusan.

Yuk langsung saja dimulai, begini ceritanya. Hari Senin tanggal 15 Januari 2018 adalah hari yang bersejarah di kelas marikulasi. Karena sesuai timeline hari ini sudah mulai diberikan  tentang CoC Institut Ibu Profesional.  Yang isinya secara garis besar adalah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan peserta dalam kelas matrikulasi. Juga diberikan tentang tata tertib kelas dan sekaligus pembentukan perangkat kelas.

Sejak pagi saya sudah mengingatkan peserta untuk set alarm pukul 09.00 WIB sembari memberi penekanan bagi yang bekerja di ranah publik untuk melihat grup saat jam rehat. Beberapa peserta merespon dengan berkata '' siap.''

Bismillah, jadilah saya pukul 09.00 WIB masuk kelas dengan senyum termanis dan keramahan kuadrat hehe...mengucap salam dan membuka penuh gembira. Lalu saya tunggu, loh kok belum pada respon ya xixi..jadilah saya bertanya '' halo adakah yang menemani saya? Atau saya sendiri?''

Sepi, 1 menit, 2 menit...akhirnya muncul respon bahwa peserta belajar menyimak, hadir, dan bahkan langsung ada yang bertanya. Wah senangnya, walau yang hadir tidak sampai setengah jumlah peserta, tapi kelas menjadi hidup. Bertanya tentang jam belajar, tugas ketua, koordinator mingguan, apa itu NHW dan apa GFOSS.

Satu per satu pertanyaan saya jawab dengan sederhana dan peserta mudah memahami, kemudian lanjut penyusunan perangkat kelas terdiri dari 1 ketua kelas dan 9 koordinator mingguan. Wah ini tarik ulur posisi masih kosong, yang mengisi list mulai dari korming ke - 9. Luar biasanya, setelah ada temannya yang mengisi kemudian menyusul yang lain menuliskan namanya diurutan yang diinginkan. Saya memberi semangat dan apresiasi sambil terus mengamati jalannya kelas. Saya menemani hingga pukul 10.00 WIB dan perangkat kelas terisi penuh pukul 10.43 WIB.

Personel Koordinator Mingguan Matrikulasi
Batch #5, Jakarta 4

Kemudian dilanjut penentuan jam belajar, karena peserta banyak yang bekerja di ranah publik, saya memberi 2 pilihan jam belajar 19.00 - 20.00 WIB dan 20. 00 - 21.00 WIB. Akhirnya dengan dibantu ketua kelas yang merekap hasil voting, disepakati jam belajar kelas Matrikulasi IIPBatch #5 Jakarta 4 adalah pukul 20.00 - 21.00 WIB. Alhamdulillah semua merasa senang dan setuju. Saya juga menekankan pada semua untuk saling kompak, bekerjasama saat belajar dan aktif berbagi untuk menemukan solusi.

Sepulang kerja, paksu pun bertanya bagaimana kondisi kelas hari ini dan saya menceritakan bahwa belajar bersama dengan teman - teman baru menyenangkan dan kedekatan antara kami sudah terjalin. Hari ini seru sekali, horelah.

Alhamdulillah, hari ini berjalan lancar, dan masih menunggu kejutan - kejutan lain di kelas baru. Semoga saya bisa amanah dalam memfasilitasi teman - teman yang semangat belajarnya luar biasa. Pancarkan pikiran positif dalam pikiran kita, maka yang terpantul adalah hal yang positif pula. Tetap rendah hati, merendahkan suara, banyak mendengar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Demikian catatan tantangan hari ke - 12 di Slumuth Family, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Hari Ke - 2 , Menangkal Pornografi dengan Fitrah Seksualitas

Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini masih diberi kesempatan untuk ikut belajar di level 11 kelas bunda sayang. Level 11 mengangkat...

Popular Posts