Rabu, 10 Januari 2018

Melatih Kecerdasan Emosional ( EQ ) Diri Sendiri


Assalamualaikum,

Hai - hai apa kabarnya semua? Semoga selalu ceria dan sehat. Wah masuk Januari mulai hujan sehari - hari, tanaman menghijau dan udara jadi lebih adem. Dan hari ini mulai masuk hari ketujuh tantangan di game level 3.


Masih tentang melatih kecerdasan emosional, hari ini saya berlatih tentang kecerdasan interpersonal yang berhibungan dengan orang lain. Jadi begini awalnya hehe.

IIP Lampung akan mengadakan  kulwap pukul 08.00 WIB tentang gadget management dengan narasumber Teh Chika. Kulwap di grup member IIP Lampung. Sejak kemarin memang sudah dilelang para member untuk menchallenge diri agar mau menjadi host dan notulis. Langsung saja diusung ke grup dan hore - hore semangat. Akhirnya didapat calon host dan notulis. Semua pengurus senang, karena member sudah mulai semangat berkontribusi.

Calon host sudah japri saya juga untuk didampingi saat menjadi host di grup, dan saya menguatkan juga memberi semangat akan menemani. Tujuan awal saya ya, agar member yang jadi host percaya diri dengan kemampuannya.

20 menit jelang kulwap calon host mengirim pesan jika suami mendadak sakit dan tidak bisa bertugas, minta digantikan. Saya masuk grup admin, ternyata juga sedang cari host baru, jika sampai waktu mulai tidak ada ya pengurus lagi. Tapi jujur kami semua ingin ada member yang bersedia mencoba.

Akhirnya saya minta izin untuk melobi member yang sudah pernah jadi host dulu. Setelah proses nego, member bersedia dan minta didampingi, hhh semua jadi lega.

Tepat pukul 20.00 WIB kulwap dibuka dan di mulai. Profil dishare ulang. Dan kemudian narasumber hadir memberikan materi. Banyak juga yang ikut diskusi bersama. Sampai ada sesi tanya jawab yang berlangsung seru.

Iya juga sih, jika sudah menyangkut gadget terkadang orang bisa lupa diri dan galau. Tertinggal gadget saja sudah kelimpungan ga karuan. Kamu termasuk frick gadget tidak? Hayo..

Kalau saya pegang gadget saat ada diskusi dan menyapa kelas. Mengerjakan tugas. Selain itu saat saya ingin tidur siang ya gadget ikut diam di ruang tamu. Saya bergadget saat semua pekerjaan sudah selesai dan rumah rapi. Materinya benar - benar mengena dan sesuai kondisi member grup.

Setelah 1 jam bersama, akhirnya diskusi ditutup dengan saling mengingatkan bahwa menggunakan gadget sebaik mungkin sesuai jadwal dan kondisi. Disiplin pada jadwal itu yang utama. Dan yang lebih menyenangkan bahwa saya berhasil mendorong seorang member untuk percaya diri menjadi seorang host di kulwap malam ini.

Terus memberikan motivasi, memberi penguatan, juga mendampingi akan membuat member bisa menemukan potensi dirinya dalam upaya berkontribusi di komunitas masing - masing kota. Percaya diri bahwa mereka mampu melaksanakan tugas yang diamanahkan. Semoga kapasitas member makin meningkat dalam rangka meningkatkan kapasitas diri sebagai perempuan, , istri, dan calon ibu.
Demikian catatan tugas hari ketujuh. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Logo Sebagai Identitas Usaha

Assalamualaikum, Halo teman - teman? Apa kabarmu hari ini? Ahad yang ceria ya, semoga bisa berakhir pekan dengan bahagia dan penuh m...

Popular Posts