Jumat, 29 Desember 2017

Selamat Hari Ibu : Refleksikan Cinta Dalam Semangkuk Opor Ayam Kampung Favorit Ibunda




Assalamualaikum,

Selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu di dunia. Semoga selalu sehat dan bahagia. Menjadi seorang ibu adalah suatu anugerah yang luar biasa. Ibulah madrasah pertama bagi anak - anaknya.  Bahkan segala yang diperjuangkan ibu berpahala, dan surga di bawah telapak kaki ibu.
Allah menempatkan posisi ibu begitu mulia, karena memang perjuangan menjadi ibu tidaklah mudah. Selamat hari ibu.Cintai ibumu dengan setulus hati. Refleksikan perasaan cinta ibu dengan cara kita masing - masing. Tak harus bereuforia berlebihan, bagi saya setiap hari spesial untuk ibu.

Hal - hal yang bisa dilakukan sebagai wujud cinta pada ibu antara lain :
1. Selalu mendoakannya
2. Menghormati dan menyayanginya
3. Menuruti perintahnya sesuai syar'i
4. Mengetahui keadaannya
5. Membahagiakannya.
6. Bersilaturahim

Nah salah satu wujud cinta saya pada ibu, saya refleksikan dalam bentuk yang berbeda. Memasakkan apa yang jadi favorit ibu. Resep yang ingin saya bagikan adalah salah satu favorit ibu saya. Kalau bapak lebih suka dengan masakan yang berbahan ikan, kalau ibu favoritnya yang berbahan dasar ayam kampung. Kalau saya sih semua suka yang penting halal dan thoyibban juga menyantapnya tidak berlebihan hehe.

Nah, karena ibu sangat suka dengan masakan ini, maka saya menyempatkan waktu khusus untuk belajar langsung dari tetangga yang dikenal sebagai panggung masak yang sering mendapat order melimpah saat hari raya. Ya belajar kepada Mbak Khodijah. Resep yang saya pelajari adalah opor ayam kampung. Opor ayam kampung favorit ibu.

Siapa hayo yang belum pernah makan opor? Jeng..jeng...sudah pernah semua kan. Tapi yang rasanya lezat terkadang ada bahan yang menjadi andalannya.

Opor merupakan sajian yang menggunakan santan dan berbumbu rempah. Lazim disajikan saat hari raya dan disantap bersama ketupat atau lontong. Nah  jadi makin terbayang lezatnya rasa opor ayam kampung kan? Jaga air liur yang mulai banjir memberi kode cantik xixi...Tak perlu lama - lama,  langsung saja cek resepnya yuk.

Resep Opor Ayam Kampung
Adaptasi resep Mbak Khodijah dimodifikasi oleh Linda

Bahan :
1. Seekor ayam kampung muda,  potong 14 bagian
2. 4 lembar daun salam
3. 3 batang serai, memarkan
4. Lengkuas satu ruas jari, memarkan
5. Santan encer 750 ml
6. Santan kental 250 ml ( dari sebutir kelapa segar )
7. 1 cm kayu manis
8. 2 lembar daun jeruk purut sobek - sobek
8. Garam secukupnya
9. Gula pasir secukupnya
10. 2 sdm minyak kelapa

Bumbu Halus :
1. 4 siung bawang putih
2. 4 butir bawang merah
3. 2 cm jahe
4. 1 sdt lada putih
5. 1 sdt ketumbar
6. 1 cm pala
7. 3 buah cengkih
8. 5 butir kemiri

Pelengkap :
1. Ketupat atau lontong ( saya pakai ketupat )
2. 3 batang sledri iris halus
3. Bawang merah goreng
4. Sambal cabai rawit hijau

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan kayu manis. Aduk sampai berbau harum dan kecokelatan
2. Masukkan daging ayam, aduk rata sampai kaku.
3. Masukkan santan encer, garam, dan gula pasir.Aduk agar santan tidak pecah.
4. Masak sampai ayam empuk.
5. Masukkan santan kental dan aduk jangan sampai santan pecah. Cicipi rasa dan matikan api. Tuang di mangkuk sayur.

Saran Penyajian Opor :
1. Siapkan irisan ketupat
2. Sambal cabai rawit
3. Siapkan opor ayam kampung dalam mangkuk.
4. Beri taburan bawang merah goreng dan irisan seledri opor.
5. Sajikan hangat

Emm rasa gurih santan dan harum rempahnya menggugah selera. Lezat sekali dan menaikkan nafsu makan.  Kata ibu opornya lezat dan pas di lidah. Apalagi kuahnya tidak terlalu kental jadi saat menyantapnya beramai - ramai menambah sensasi tersendiri. Wah bisa seperti berlomba mengaduk isi mangkuk mencari potongan ayam, ahai nikmat sekali.

Opor ayam favorit ibu,  merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia warisan bangsa. Harus tetap dijaga dan dilestarikan agar keberadaannya tidak hilang tergerus zaman. Nah jangan ragu untuk terus merefleksikan cinta kepada orang - orang yang kita sayang.
Opor Ayam Kampung Favorit Ibundaku

Ketupat sebagai pelengkap opor ayam

Memasak sepenuh hati dengan cinta, karena masakan yang disajikan akan menyampaikan perasaan kita. Tunjukkan cintamu pada ibumu. Selamat hari ibu..

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts