Minggu, 03 Desember 2017

MELATIH KEMANDIRIAN PASANGAN HARI KEEMPAT GAME LEVEL 2




Menggoreng Tempe

Assalamualaikum,

Apa kabar teman - teman? Semoga selalu baik dan sehat ya.
Alhamdulillah, setelah berlibur ke rumah ortu 3 hari 2 malam. Rasanya rasa rindu berkumpul dan bergembira bersama keluarga sudah terobati. Lalu, bagaimana dengan kelanjutan tantangan 10 hari di game level 2 ini? Yuk mari ikuti terus catatan saya.

Hari minggu ini tanggal 3 Desember 2017 masuk hari keempat. Melatih kemandirian pasangan. Sebenarnya list hari keempat adalah melatih paksu menggoreng krupuk. Tapi sayangnya di rumah ibu sedang tidak ada krupuk, yang ada tempe. Dan menu pagi untuk sarapan rencana tumis terong gelatik dan ada tempe goreng. Jadilah hari keempat ini ditukar saja list melatih kemandirian paksu untuk menggoreng tempe. Paksu setuju.

Ini juga sembari bersiap untuk kembali pulang ke kota. Naik Damri jam 09.30 WIB. Maka saya bersiap menumis sayuran, sementara paksu bersiap melakukan tantangannya.
Kami berdua sibuk di dapur, dan ibu memang belum pulang dari pasar.

Siap, eksekusi...lakukan hehe.
Pertama paksu membuka tempe dari bungkusnya, dan memotong bentuk segi panjang. Setelah itu dikerat - kerat agar saat direndam bumbu lebih meresap. Kemudian paksu mengupas 3 siung bawang putih, mencucinya dan mengulegnya dengan setengah sendok makan garam kasar.

Saya hanya mengamati, sambil bersiap menumis terong gelatik yang sudah saya tiriskan setelah dicuci. Wah ini namanya berkolaborasi membuat menu untuk sarapan pagi. Jadi siapa takut..lanjutkan.

Setelah bumbu siap, paksu memberi sedikit air, dan merendam tempe yang telah dipotong tadi. Kemudian didiamkan sebentar sebelum siap digoreng. Biar bumbunya meresap sebelum digoreng.

Tempe direndam bumbu 

Paksu mengambil penggorengan, dan menempatkannya di atas kompor. Setelah agak panas menuangkan minyak goreng.
Paksu pun mulai memasukkan tempe, menunggu, membalik satu sisi saat sudah berwarna cokelat.

Membalik tempe, pede menggoreng

Dan meniriskan tempe dengan cara yang benar. Wow, senangnya jadi meringankan tugas membuat sarapan nih.

Tempe dipindahkan setelah tiris

Alhamdulillah, tak lama kemudian tempe goreng sudah siap. Dan selesai tantangan paksu di hari keempat ini, yaitu menggoreng tempe. Kalau dilihat sudah berhasil, tidak ada tempe yang gosong. Semua garing kecokelatan dan gurihnya pas.

Tempe goreng made in paksu

'' Wah, Ayah berhasil nih goreng tempenya. Ga ada yang gosong.'' Saya memuji paksu.

Paksu pun tersenyum, dan mengacungkan jempol ke arah saya. Terus menyomot tempe dan memakannya sambil duduk. '' Enaknya hangat kalau makan tempe.'' Katanya lagi.

Alhasil, itu tempe sudah berkurang jumlahnya dari semestinya. Tapi tidak apa - apa. Yang penting masih ada untuk lauk sarapan pagi.

Demikian catatan tantangan hari keempat Slumuth Family. Terus berikan kepercayaan dan penghargaan untyk paksu agar makin percaya diri dalam melakukan tantangannya. Libur telah usai, semangat untuk menyambut hari esok yang penuh kejutan. Selamat datang senin hihi...semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts