Sabtu, 16 Desember 2017

Aha.... Asyiknya Gathering Bersama Tapis Blogger





Halo Ahad ceria, apa kegiatanmu? Yuk ikuti sesi asyiknya saya berkegiatan di acara Tapis Blogger Gathering yang diadakan Hari Ahad, tanggal 17 Desember 2017 yang bertempat di Secret Garden Lampung Jl. Za Pagar Alam No 56, Bandar Lampung.

Saya berangkat dari rumah pukul 08.15 WIB, dengan menggunakan jasa taksi online dan tiba di Secret Garden 08.30 WIB. Alhamdulillah, sudah mulai banyak bertemu dengan teman blogger lain.

Acara dimulai 09.30 WIB, yang dibuka oleh MC Yoga Pratama. Acara Tapis Blogger Gathering kali ini bertema '' Menjadikan Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi, dan Ruang Berbagi.''
Semua tampak bersemangat untuk ikut dan belajar bersama tiga pemateri kece yang sudah malang - melintang di dunia per bloggeran.

Pemateri pertama adalah Naqiyyah Syam yang akan berbagi materi tentang Merawat blog hingga menghasilkan uang.
Sebelum masuk materi Mbak Naqi sapaan akrabnya, menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya Tapis Blogger yang digawangi 4 perempuan luar biasa. Mereka adalah Naqiyyah Syam, Izzah Anisa, Heni Puspita, dan Fitri Restiana. Tapis Blogger mulai launching pada tanggal 10 Agustus 2016. Wah baru setahun, tapi kiprahnya patut diacungi jempol dalam mempromosikan Lampung.

Naqiyyah Syam menyampaikan materi

Dalam materinya Mbak Naqi memberikan tipsnya antara lain :
1. Ada profil tentang diri blogger
2. Design blog bersih minimalis ( 70%)
3. Jangan ada musik
4. Tidak ada iklan tayang yang mengganggu
5. Iklan sebaiknya berhubungan dengan isi blog, tidak berbau pornografi.
6. Latar blog ringan.

Kemudian tambahan lagi antara lain :
1. Jujur
2. Sesuai minat
3. Riset
4. Kata kunci
5. Buang kalimat maha panjang
6. Buang kalimat klise
7. Pakai kalimat aktif
8. EYD
9. Perhatikan logika
10. Kaya diksi
11. Asah rasa
12. Self editing, jangan lupa edit tulisan sebelum dipublikasi.
( Haya Aliya Zaki )

Penting juga untuk membranding blog sesuai minat agar tidak kehabisan ide saat menulis. Jadi jangan semua hal ingin ditulis di blog sehingga tidak fokus pada ciri blog yang ingin dibuat.

 Acara Tapis Blogger Gathering kali ini juga didukung oleh Act Lampung, Lampung Banana Foster, dan Elscoffee House. Waa tambah makin seru. Sambil belajar ngeblog, tetap mempromokan aset kuliner Lampung.

Lampung banana foster


Berfoto dengan produk els coffee

Selanjutnya, pemateri kedua Mbak Heni Puspita yang berbagi informasi dan pengalamannya ngeblog. Jadi Mbak Heni ini rajin posting artikel yang berhubungan dengan keseharian sehingga apa yang dituliskan banyak dicari ibu - ibu. Bahkan sering dihubungi untuk mempromokan produk.

Mbak Heni memberikan tips agar blog lebih mudah menggunakan blogspot juga wordpress. Template dan design bisa diutak - utik agar sesuai dengan ciri blog kita.

Peserta serius memperhatikan 

Kemudian pemateri yang ketiga adalah Mas Lean Agt yang sudah merasakan manisnya ngeblog dengan pendapatan fantastis sampai bisa untuk bangun rumah. Waaa luar biasa bukan? Hehe saya saja sampai berdecak kagum. Wow sekali ini.

Agustinus Leantoro lahir di kota Metro dan bekerja di Monev Program di Mercycorps Indonesia, Jakarta.
Mas Lean membagi info tentang apa saja optimasi di struktur blog.
1. Struktur blog, header, footer, sidebar, related post
2. Template bersahabat untuk mobile phone, loading cepat, memiliki fasilitas sharing facebook, twitter, goegle plus, linkedin.
3. Navigasi harus lengkap, kategori, label, menu, breadcrumbs.

Mas Lean berbicara tentang SEO yaitu search engine optimation, yang memberikan tips agar blog dapat berada di page one.
1. Menulis sesuai passion
2. Lakukan riset untuk mencari apa yang sedang trend dicari orang dan dikunjungi.

Kemudian, jika blog sudah terindeks google, sarannya jangan sering ganti template. Tampak semua begitu serius memperhatikan dan membuat catatan.
Dan tak terasa waktu ishoma tiba. Semua beristirahat untuk mengecas energi.

Setelah cukup beristirahat, mulailah sesi yang ditunggu, yaitu menulis postingan tentang kegiatan Tapis Blogger Gathering hari ini. Semua pun tenggelam dengan laptop masing - masing untuk mencurahkan semua isi di kepala menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca. Eeh ngemil sepotong canti dar Lampung Banana Foster.

Sepotong kue cantik

Akhinya, saya pun merasa senang hari ini, belajar bersama teman - teman Tapis Blogger dan bertemu langsung dengan pemateri kece badai yang ilmunya keren. Yuk terus semangat menulis, maju bersama Tapis Blogger.

4 komentar:

  1. Bu, lengkap sekali rangkuman materinya. Padahal waktu nulisnya cuma 30 menit. Kereennn.

    Tapi aku kadang suka gak tahan kalau gak ganti template, sebab bosen hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mba Lustika baru balas, ya waktu itu sambil dengar narasumber saya ketik di note. Terima kasih, masih belajar terus.

      Hapus
  2. Lengkap nih rangkumannya keren, nyimak banget ya di acara Tapis Blogger Gathering, semoga ilmunya dapat diterapkan. Sukses ya Mbk Linda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Naqiyyah sudah mampir. Manfaat sekali materi di acara Tapis Blogger ini. Aamiin..sukses juga untuk Mbak Naqiyyah

      Hapus

Review 3 Game Level 11 Pentingnya Pendidikan Seksualitas

Assalamualaikum, Malam ini ternyata sudah masuk presentasi ketiga. Dan kali ini yang naik ke panggung adalah kelompok 1, dengan menga...

Popular Posts