Selasa, 17 Oktober 2017

TESTIMONI MATRIKULASI KOORDINATOR IIP BATCH#4




RASANYA MATRIKULASI

Assalamualaikum,

Hai teman - teman, kembali berjumpa dengan saya. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman mengikuti kelas Matrikulasi Koordinator IIP Batch #4.


Setelah akhir Januari 2017 bergabung di IIP Lampung, tibalah saat pendaftaran kelas matrikulasi. Akan tetapi oleh Koordinator Kota Wilayah Lampung, ada beberapa  yang diminta masuk ke kelas Matrikulasi Koordinator, termasuk saya. Karena di kelas Matrikulasi Koordinator, akan mendapat 2 tambahan materi tentang mengelola komunitas.

Nah berikut gambaran hal teknis  tentang program Matrikulasi Koordinator Batch #4 yang dapat saya ceritakan. Yuk cekidot..

1. Pendaftaran Matrikulasi berlangsung dari tanggal 1-7 Mei 2017. Setelah mengisi form, setiap peserta dikenai biaya Rp 100.000,- . Biaya ini hanya sekali dikeluarkan dan untuk belajar di kelas selanjutnya sudah tidak dikenakan biaya lagi.
Selanjutnya, peserta akan mendapatkan konfirmasi dari IIP yang menangani kelas Matrikulasi melalui email.


2. Pembuatan WA grup peserta Matrikulasi  Koordinator dilakukan pada tanggal 10-11 Mei 2017. Waktu itu didampingi oleh Mbak Noni.
Di grup ini saya bersama dengan teman-teman dari Bandung, Depok, Yogyakarta, Tangerang Selatan.

3. Sesi perkenalan fasilitator dan member , pemilihan ketua kelas dan Korming dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2017. Namun dalam perjalanan fasilitator digantikan oleh
Mba Ike Pratiwi, karena Mbak Noni harus mendampingi kelas lain.

4. Preview dan pengkondisian kelas (tentang administrasi kelas) dilaksanakan pada tanggal  13-14 Mei 2017.
Kemudian diadakan pemilihan ketua kelas dan koordinator mingguan. Yang akan membantu fasilitator dalam mengelola WA grup saat kuliah online.
Ketua Kelas Mbak Nita. Koordinator Mingguan Mbak Rika, Mbak Ratri, Mbak Halimah, Linda, Mbak Elsy, Mbak Fara, Mbak Dewi, Mbak Meri , Mbak Dyah Yuli.

5. Kelas perdana dibuka pada tanggal 15 Mei 2017 jam 08.00 WIB dengan tema utama adalah RULES KELAS MATRIKULASI KOORDINATOR IIP BATCH #4  dan ADAB MENUNTUT ILMU. Kemudian waktu diskusi  pukul 20.00 WIB . Diskusi berlangsung seru...wah jadi semakin paham, jika kita seharusnya menggunakan adab dahulu sebelum ilmu, sehingga dalam belajar tidak semaunya. ADAB → ILMU → AMAL. Ilmu juga seyogyanya diamalkan agar lebih memberikan kebermanfaatan dan itu akan mengikat ilmu tetap ada pada kita.


Kemudian saya  diberi materi setiap pekan dengan tema yang berbeda. Di sini saya harus mulai mengatur jadwal, kapan mengikuti kuliah online, kapan saat aktif berkegiatan domestik. Materi baru diberikan pada hari selasa pukul 10.00 WIB.

6.  [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga (Selasa, 23 Mei 2017)
Di materi ini, saya sungguh tersentak dengan isinya. Ya...apapun pilihan kita, maka harus bersungguh - sungguh sampai tuntas. Bertanggungjawab dengan pilihan yang kita ambil dengan penuh rasa syukur.

7. [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah (Selasa, 30 Mei 2017)
Karena ibu adalah madrasah pertama bagi anak, maka sudah sepatutnya seorang ibu terus berproses menambah ilmu dan terus belajar. Saya merasa belum apa - apa, jadi makin semangat belajar.

8. [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani (Selasa, 6 Juni 2017)
Di materi ini, saya semakin paham bahwa dalam mendidik anak,  tak perlu tergesa - gesa menentukan minat juga bakatnya. Berikan waktu untuk belajar juga mengeksplore kemampuan dari lingkungan dan pengalaman sesuai tahapan usia.  Sebagai orangtua kita mendampingi, mencatat dan terus memberikan kesempatan seluas - luasnya. Sampai anak benar-benar enjoy, easy, happy, excellent, dan earn.

9. [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga (Selasa,  13 Juni 2017). Dalam materi ini, seorang perempuan, istri juga ibu dituntun untuk bisa membagi waktu dengan sebaik - baiknya. Seimbang antara kegiatan domestik maupun publik.

Libur jeda Lebaran: 19 Juni - 2 Juli 2017

10. [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Selasa, 4 Juli 2017). Seorang ibu, juga istri dituntun untuk peka memperhatikan gaya belajar setiap anggota keluarga, sehingga dalam menerapkan pendidikan dirumah tidak sama cara dan gaya penyampaiannya. Setiap anggota keluarga memiliki ciri khas yang unik dalam menyerap maupun memilih apa yang ingin dipelajarinya.

11.[Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari (Selasa, 11 Juli 2017). Ketika seorang ibu memutuskan untuk fokus membersamai keluarga, maka harus yakin dengan pilihannya tanpa ragu. Menjaga amanah dengan sungguh - sungguh maka hati menjadi tentram. Rezeki Allah yang mengatur. Produktif dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki.

12. [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup (Selasa, 18 Juli 2017). Setiap individu terlahir dengan keunikan masing - masing. Dalam materi ini peserta matrikulasi dituntun untuk dapat menemukan misi spesifik hidupnya agar lebih memberikan kebermanfaatan.

13. [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan (Selasa, 25 Juli 2017). Bahwa setiap perempuan dapat menjadi inspirator dan motivator bagi yang lain. Memberikan gerakan - gerakan kecil yang bernilai positif, dimulai dari lingkup keluarga dan sekitar. Dimulai dari mencari apa yang diSUKA dan BISA. Dari hal yang disuka, akan diperoleh suatu hal yang luar biasa.

14. [ Pengetahuan Komunitas ] Membangun Komunitas, Membangun Peradaban ( Selasa, 1 Agustus 2017). Bahwa dalam melakukan perubahan tidak mudah, maka untuk memudahkan langkah sebaiknya bergabung dengan komunitas yang memiliki visi misi sejalan. Maka berkomunitaslah dengan bahagia.

15. [ Mengelola Komunitas ] Manajemen Mengelola Komunitas ( Selasa, 8 Agustus 2017). Bergerak bersama dalam sebuah komunitas, memerlukan kerjasama dan pengelolaan. Saling mendengar, membantu, berbagi dan melayani  untuk kebermanfaatan. Saat berkomunitas, setiap individu harus dapat menekan kepentingan pribadi. Mengatur waktu untuk keluarga juga waktu untuk komunitas. If you can manage your self, you can manage your team.

14. Pengumuman Kelulusan tanggal 29 Agustus 2017
Pengumuman melalui medsos juga WA grup. Alhamdulillah saya lulus.

Daftar peserta matrikulasi koordinator batch 4 yang lulus


Apakah setelah lulus matrikulasi koordinator kemudian saya menjadi ibu, istri yang profesional? Ah...rasanya masih belum. Diri ini masih jauh dari profesional. Bagi saya matrikulasi memberikan penyadaran yang spesial akan peran diri. Bahwa dalam setiap pilihan yang kita ambil, kita harus tuntas dan bersungguh - sungguh dengan selalu memohon petunjuk dari Allah. Semoga dengan kesungguhan saya berproses ini, suatu hari kelak Allah berkenan menitipkan amanah yang dapat memberikan bobot bagi peran saya dan suami untuk menggapai Jannah - Nya aamiin...

Demikian sedikit aliran rasa serba - serbi dalam mengikuti kelas Matrikulasi Koordinator IIP Batch #4 periode Mei  - Agustus 2017. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum

Sumber
Materi Matrikulasi Koordinator IIP Batch#4 , Tim Matrikulasi IIP Batch#4 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berapa Jumlah Nastar Yang Dibuat?

Nastar Homemade Assalamualaikum , Mengasah kecerdasan matematika logis untuk anak memang menjadi hal yang luar biasa. Karena se...

Popular Posts