Senin, 28 Agustus 2017

RESEP TUMIS LABU AIR






Variasi Tumis Dengan Labu Air

Assalamualaikum,

Halo teman – teman apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Kali ini saya ingin membagikan resep tumis Labu Air. Awalnya karena ingin memasak sayuran yang berbeda dari biasanya karena sedang bosan. Langsung berburu ke Pasar Perumnas Way Halim di pagi hari. Cari tahu apa nih sayuran yang berbeda dari biasanya. Tiba –tiba saja mata ini tertuju pada lambaian tangan Labu Air yang tertata rapi diantara kangkung, bayam dan daun katuk.

 Bentuknya yang cantik dan warna hijau yang aduhai berhasil merontokkan hati saya untuk membelinya. Hemm asyik variasi menu sayur hari ini. Alhamdulillah. Labu air memang lebih banyak dijumpai di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Saya beli sebuah ukuran sedang hanya Rp 4000,-. Oh iya Labu air memang nampaknya tak sepopuler Labu Siam yang sama – sama dari keluarga labu – Labuan. Nah mari kita cari tahu tentang Si Labu Air ini.


Labu Air atau Labu Sayur (Lagenaria siceraria) adalah sejenis labu yang buah mudanya dapat disayur dan buah tuanya dijadikan wadah air, tabung, kantung hias, ataupun koteka. Labu air masih berkerabat dekat dengan beligo dan rasanya pun bermiripan. Bentuk buahnya bervariasi, mulai dari membulat hingga lonjong memanjang.

Tumbuhan ini diketahui sebagai salah satu tanaman budidaya tertua, namun ditanam bukan untuk bahan pangan melainkan untuk dijadikan alat rumah tangga.
Karena bentuknya, peralatan laboratorium yang berbentuk menyerupai buah labu air juga dinamakan labu, seperti labu ukur dan labu Erlenmeyer.
Bagaimana teman – teman? Sudah tahu kan cie..cie… Labu Air juga banyak mengandung serat yang berguna untuk pencernaan.

Resep Tumis Labu Air

Bahan :
1.      1 buah labu air ukuran sedang ( 500kg), kupas,     cuci bersih dan potong - potong
2.      2 sdm minyak goreng
3.      Garam secukupnya
4.      Gula pasir secukupnya
5.      2 lembar daun salam
6.      2 cm lengkuas iris – iris
7.      Air 150 ml

Bumbu Iris :
1.      5 butir bawang merah
2.      3 siung bawang putih
3.      3 buah cabai rawit merah
4.      4 buah cabai merah besar

Cara Memasak :
1.      Panaskan minyak, setelah panas, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai
2.      Aduk rata sampai berwarna cokelat, Masukkan  daun salam dan lengkuas
3.      Masukkan labu air, aduk
4.      Beri garam, gula, aduk rata.
5.      Masukkan air
6.      Masak sampai matang.





Tumis Labu Air istimewa siap dihidangkan. Rasanya tidak kalah dengan tumis Labu Siam. Jadi teman – teman dapat menjadikan Labu air sebagai variasi sayur untuk keluarga agar tidak bosan.
Yuk lebih mencintai sayuran local agar tetap lestari dan tidak tergerus perubahan. Demikian resep yang saya bagikan, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum,

Sumber :

Wikipedia.org.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts