Minggu, 06 Agustus 2017

ARSIK IKAN MAS LEZATNYA DAHSYAT


Hidangan Tanah Batak


Assalamualaikum,

Apa kabar teman - teman? Semoga selalu dalam keadaan sehat aamiin. Kali ini saya mau posting masakan yang berbahan ikan mas. Dimasak apa ya? Yuk lanjut bacanya.


Bermula dari kenangan kehidupan sehari - hari, punya tetangga yang asli Batak Karo. Sebelahan dengan rumah orangtua di kampung. Bu Tampu kami memanggilnya. Dari marga Tampubolon. Biasa hidup bertetangga tentu saja saling berinteraksi dan bertukar resep hehe.. Saya ingat saat SMA pernah diajari cara membuat Arsik Ikan Mas yang lezat dengan bumbu rempah asli tanah Batak. Ternyata membuatnya tidaklah sulit. Yang sulit ya cari rempah aslinya.
Jadilah kalau ingin masak dengan rempah seadanya.

Tapi beberapa waktu yang lalu, ingatan saya diajak bernostalgia dan lidah saya mengingat kembali lezatnya rasa Arsik Ikan Mas ini. Emm jadi ingin eksekusi tapi dengan bumbu rempahnya yang asli. Membayangkan saja air liur sudah bergejolak hehe.

Akhirnya saat pergi ke Pasar Perumnas Way Halim, langsung berburu rempah yang di perlukan. Seperti andaliman, lokio, bunga kecombrang. Alhamdulillah ada. Hanya saya tidak pakai asam cakala buah dari kecombrang, diganti asam kandis. Yuk mari mengenal rempah khasnya.


Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum ( suku jeruk - jerukan, Rutaceae). Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak. Sehingga dikenal sebagai '' merica Batak.'' Masakan khas Batak seperti Arsik dan Saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Aromanya seperti jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan sensani kelu atau mati rasa di lidah. Ini karena adanya kandungan hydroxy-alpha-sunshool pada rempah tersebut.


Lokio  ( Bawang Batak) A. chinense, A.schoenoprasum l ( chives) adalah jenis tumbuhan yang juga sebagai bahan makanan. Bentuknya seperti bawang namun dengan ujung tangkai yang lebih panjang dan warnanya cenderung putih, jadi mirip bawang daun berbentuk mungil dengan daun kecil panjang dan juga bentuknya mirip seperti bawang, tetapi ukurannya jauh lebih kecil, tapi beda dengan kucai.
Banyak ditemukan pada masakan batak seperti arsik.

Bunga Kecombrang, kantan, atau honje ( Etlingera elatior ) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terma, yang bunga, buah serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung ( Medan ), kincuang ( Minangkabau ), serta siantan ( Malaya ), daala ( orang Thai ), kecicang ( Bali ). Kecombrang atau bunga honje terutama dijadikan bahan campuran atau penyedap berbagai macam masakan nusantara. Masakan batak populer seperti arsik ikan mas juga menggunakan bunga dan buah kecombrang.

Nah sudah tahu kan teman- teman mengapa resep ini begitu istimewa?  Sekarang langsung saja cek resepnya ya..

Arsik Ikan Mas
Resep dari Bu Tampu yang dimodifikasi oleh Linda

Bahan :
1. 1/2 kg ikan mas potong 2, bersihkan dan beri 2 sdm air jeruk nipis agar tidak amis. Sisihkan.
2. 20 lonjor kacang panjang, potong 5 cm
3. Segenggam pucuk daun singkong
4. 5 batang serai, memarkan
5. Satu ruas lengkuas, iris - iris
6. 1 buah jeruk nipis
7. 3 buah asam kandis
8. 2 buah bunga kecombrang, belah 6
9. Air 1000 ml
10. Garam dan gula secukupnya
11. 2 ikat lokio, siangi

Bumbu Halus :
1. 5 butir bawang merah
2. 7 siung bawang putih
3. 10 buah cabai merah keriting
4. 1 sdm andaliman
5. 5 butir kemiri
6. 3 cm jahe
7. Satu ruas kunyit
8. 1 buah tomat merah

Cara Membuat :
1. Siapkan wajan, tata serai, lengkuas, dan bunga kecombrang.
2. Letakkan daun singkong, ratakan.
3. Dalam wadah sendiri, masukkan bumbu halus, 300 ml air dan ikan mas. Aduk rata.
4. Masukkan ke dalam wajan. Beri garam, gula, asam kandis, dan air jeruk nipis ( dari 1 buah jeruk nipis).
5. Tata kacang panjang  dan lokio di atas ikan. Tambahkan sisa air ( 700 ml).
6. Tutup rapat dan masak dengan api sedang kurang lebih 1 jam. Atau sesuai selera. Makin lama dimasak makin kering dan bumbu makin kental meresap.
7. Hidangkan arsik bersama nasi hangat








Rasanya benar - benar lezat luar biasa. Sebanding dengan perjuangan mencari rempah aslinya. Emmm itulah mengapa kuliner nusantara selalu membuat saya jatuh cinta. Benar-benar hidangan yang kaya rasa. Dan yang penting juga suami menyukainya. Lezat dahsyat katanya.

Nah, demikian resep yang saya bagikan, semoga bermanfaat. Setiap orang memiliki gaya dan cara yang berbeda dalam menyampaikan perasaannya. Bagi saya, tiap masakan membawa cerita. Maaf jika masih banyak kurangnya # edisi masih belajar.

Wassalamualaikum

Sumber :
Andaliman, id.wikipedia.org
Lokio , id.wikipedia.org
Kecombrang, id. wikipedia.org




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Logo Sebagai Identitas Usaha

Assalamualaikum, Halo teman - teman? Apa kabarmu hari ini? Ahad yang ceria ya, semoga bisa berakhir pekan dengan bahagia dan penuh m...

Popular Posts