Sabtu, 22 Juli 2017

Linda - Nice Home Work #8 - Misi Hidup Dan Produktivitas Matrikulasi Koordinator IIP Batch 4





Assalamualaikum,

Teman-teman semua apa kabar? Semangat terus untuk belajar ya?...Ehmm tidak terasa Kelas Matrikulasi yang saya ikuti sudah masuk minggu ke 8, artinya mulai masuk Materi ke 8 dengan tema '' MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS''.


Dalam materi ke 8, ini saya dituntun untuk belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup yang bisa  menunjang produktivitas keluarga.  Karena setiap manusia diciptakan ke dunia sudah pasti memiliki misi dan perannya masing-masing sesuai dengan bakat dan fitrahnya. Dan tugas kita sebagai khalifah untuk terus belajar, mencari dan memaksimalkan bakat yang ada agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Yang pada akhirnya kebermanfaatan kita terhadap sesama menjadi jalan dalam rangka menuju ketaqwaan pada-Nya.

Oke, seperti biasanya, untuk memantapkan apa yang telah didiskusikan bersama, maka saya mendapatkan tugas yang cihuy punya, di Nice HomeWork #8. Jeng.....jeng..

Nice Homework #8
Misi Hidup Dan Produktivitas

Bunda, setelah dimateri sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulsi IIP/

Jawaban

 a. Berdasarkan ranah aktivitas kuadran SUKA dan BISA pada NHW #7, karena diminta memilih salah satu saya  memilih memasak. Memasak ini erat kaitannya dengan bidang yang ingin saya tekuni di Universitas Kehidupan yaitu bidang kuliner.

 b. Menjawab '' BE DO HAVE ''

 1. BE :
Mompreneur yang bisa memiliki bisnis bidang kuliner. ( Membangun bisnis oleh-oleh khas Lampung). Yang unik, halal dan thoyiban.

Maka potensi kekuatan saya di NHW #7 diantaranya adalah :

Arranger ( yang masuk dalam kelompok rasa / mempengaruhi orang lain). Diperlukan saat menjalankan bisnis.
Creator ( yang masuk dalam kelompok cipta /individual generating idea ) - cocok untuk design produk, business development .
Synthesizer ( mengkombinasikan berbagai elemen, ide dan informasi menjadi sesuatu yang baru. Kelompok cipta/ individual generating idea) - business  development.

 2. Do :
# Memberdayakan para ibu rumah tangga di lingkungan sekitar tempat tinggal untuk aktif dan bersinergi bersama untuk mendukung bisnis saya.

# Menginspirasi dan memotivasi para ibu untuk bisa menjadi lebih produktif, mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan rumah.

# Saya ingin para ibu untuk tetap membersamai tumbuh kembang buah hati tanpa melupakan bahwa ibu juga berhak belajar dan mengembangkan potensi dirinya.

 3. HAVE :
Memiliki bisnis yang masuk dalam kategori ekonomi kreatif di bidang kuliner. Yang produknya menggunakan bahan lokal sehingga menjadi ikon kuliner daerah. Sekaligus sebagai partisipasi saya sebagai anak bangsa untuk mengangkat produk lokal menjadi raja di negeri sendiri diantara derasnya serbuan produk luar yang dari tahun ke tahun makin meningkat mengisi pasar Indonesia.

 c. Memperhatikan 3 aspek dimensi waktu :

1. Lifetime purpose,

Menjadi orang yang senang berbagi dan bermanfaat bagi orang lain.
Walau saat ini saya belum dapat berbagi banyak, tapi paling tidak dengan kesukaan saya memasak, saya sering berbagi hasil masakan kepada orang lain.
Kemudian dari resep - resep yang banyak saya baca, saya terkadang diminta mengisi acara demo masak di kelompok kecil pengajian yang saya ikuti. Waktu itu pernah praktek  membuat Dimsum Ikan.
Di Darma Wanita Persatuan BPTM LIPI Lampung ( pernah mengisi acara demo masak. praktek membuat mie ayam jamur yang mie nya dibuat sendiri dengan tambahan sayuran sawi dan jadi mie hijau, membuat Dimsum Kukus).

Kemudian dari kesukaan saya berkebun, saya menanam tanaman obat di halaman rumah itu juga banyak manfaatnya. Sering tetangga bahkan orang dari lain kompleks ketika melihat halaman mampir untuk meminta daun-daun tanaman obat. Seperti Daun Sirsak, Binahong Ungu, Keji Beling, Lidah Buaya, Bawang Dayak. Ada juga pohon jeruk purut yang daunnya juga sering diminta tetangga sebagai pelengkap rempah masakan jika ingin memasak dengan menggunakan daun jeruk. Misal, pecel, soto, gulai, rendang.
Daun singkong, bila tetangga ingin merebus lalap, biasanya juga mengambil dari halaman depan rumah.
Dari potensi kekuatan saya administrator, saya sering membuat catatan penting tentang resep, herbal dan kesehatan. Berguna saat ada orang lain yang bertanya secara langsung atau melalui online.

Jadi saya merasa ini mungkin menjadi jalan bagi saya untuk terus bersiap diri, banyak belajar, dan dapat terus berbagi juga makin bermanfaat bagi orang lain.

2. Strategic Plan 5 -10 tahun

Sesuai dengan keinginan saya untuk bisa berbagi dan bermanfaat bagi orang lain, tentu saja selain berbagi pengetahuan yang saya bisa, hasil berkebun, tentu juga membutuhkan support dana. Maka saya anggap bisnis yang ingin saya wujudkan dapat mendukung misi hidup saya ke depan.

Maka langkah strategic plan 5 -10 tahun yang akan datang, saya sudah dapat mewujudkan impian saya memiliki bisnis di bidang kuliner ( oleh-oleh khas Lampung). Sehingga siapapun yang pergi ke Lampung akan membawa produk yang saya buat sebagai buah tangan untuk para kerabat maupun para kolega. Makin besar bisnis yang saya miliki maka kesempatan untuk berbagi juga makin besar. Semoga keinginan saya menjadi doa yang diijabah Allah aamiin...

3. New year resolution 1 tahun,

# Dalam jangka 1 tahun ini, saya berharap baby program saya sukses di Acc oleh Allah dan saya menjadi seorang ibu. Aamiin.....
# Menjadi orangtua asuh bagi anak yatim piatu dengan membantu biaya sekolahnya. Alhamdulillah Juli ini sudah diberi proposal oleh sekolah untuk dapat mengambil kesempatan yang luar biasa ini.

Terus berproses untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain. Dan tidak lupa untuk tetap jadi istri yang sholeha, taat pada suami, baik, ramah, ceria, rendah hati dan selalu memohon bimbingan dan petunjuk dari Allah.

Bahwa dalam menjalani kehidupan saya harus berani untuk BERUBAH agar tidak KALAH. Setuju sekali dengan catatan dari Tim Matrikulai ini...Demikian NHW #8 kali ini, semoga semua yang saya tuliskan menjadi kenyataan suatu hari nanti aamiin. Tetap semangat..

Wassalamualaikum

1 komentar:

Garam sebagai Pemberi Cita Rasa Asin

Assalamualaikum , Halo apa kabar semua? Hari ini sungguh hari yang padat kegiatan dan menyenangkan. Bulan ramadhan berjalan dengan l...

Popular Posts