Minggu, 11 Juni 2017

Linda Nice Homework#4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah Matrix-koordinator IIP Batch 4




NICE HOMEWORK#4

MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Assalamualaikum,

Tak terasa begitu cepat waktu berjalan, wah sudah masuk materi keempat. Yang membahas tentang '' Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah.''
Sebagai pembangun generasi hebat, orangtua berperan penting dalam mendampingi perkembangan anak sesuai jalan-Nya. Mendidik dengan hati bersih, menggunakan mata hati untuk memahami anak, paham fitrah perkembangannya dan asuh dengan penuh cinta dan ketulusan.


Seperti biasa, setelah seru berdiskusi saya dapat tugas nih...asyik..namanya NHW#4. Nice Homework#4 ini saat dibaca sekilas biasa..tapi sebenarnya jika dimaknai sungguh dalam dan makin tajam. Karena mencakup NHW#1, NHW#2, juga NHW#3. Saya juga sampai berpikir lama untuk mengerjakannya hehehe.......semoga saya tidak salah jurusan di universitas kehidupan ini. Dan dapat membuat sejarah sendiri..Aamiin..
Ayo cek NHW#4 nya..


📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Contoh : 
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.

Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Contoh :  Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

e.  Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. 

Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

f.  Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini. 

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. 

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/


Jawaban

a.Melihat NHW1,  Iya Saya tetap memilih jurusan ilmu bidang kuliner dan kepenulisan.

b. Melihat NHW2, Alhamdulillah saat ini saya terus belajar untuk  konsisten. Karena checklist harian yang saya buat adalah kebiasaan yang saya jalani dalam kehidupan sehari-hari. Walau terkadang ada kendala dari saya pribadi misal waktunya bermasker atau luluran saya sedang tidak mood. Tidak terlaksana untuk maskeran atau luluran. Kemudian belajar baking, sampai hari ini belum terlaksana kendala karena belum ada alatnya. Jadi itu yang akan saya perbaiki agar saya konsisten dengan jadwal checklist yang saya buat sendiri.

c. Saya percaya bahwa setiap kita diciptakan sudah pasti memiliki peran dan maksud tersendiri. Maka saya merasa Allah menciptakan saya untuk dapat berbagi, memotivasi, menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain.

Setiap saya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan dunia kulinar rasanya saya bersemangat dan tak mudah lelah. Berbinar-binar, bahagia, dan antusias belajar tentang semua hal yang berhubungan dengan bidang kuliner. Saya juga betah berjam-jam ada di dapur sampai berpeluh kepanasan yang penting ide masakan di otak terlaksana. 

Saya lebih menyukai dan ingin mendalami hal yang berhubungan dengan hidangan nusantara. Saat menyenangkan adalah saat membagikan hasil masakan ke orang lain. Rasanya luar biasa. Jadi saya ingin membagi kebahagiaan saya dengan bergerak dalam usaha ekonomi kreatif di bidang kuliner nusantara. 
Menginspirasi ibu-ibu untuk membuka usaha 
atau membuka peluang kerja. Juga memotivasi ibu-ibu di sekitar tempat tinggal untuk dapat mandiri secara finansial tanpa meninggalkan keluarga.
Sekaligus ingin menjadi penulis yang tulisannya dapat memotivasi, menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain. 

Misi Hidup : berbagi & bermanfaat untuk orang lain.
Bidang           : Kuliner dan kepenulisan
Peran             : writerpreneur, motivator, inspirator

Untuk ahli di bidang kuliner dan kepenulisan maka saya harus lebih banyak belajar dari berbagai sumber berupa buku, majalah, televisi, video, youtube, internet, resep aneka masakan nusantara, sastra, banyak berlatih, banyak praktik dan berguru pada ahlinya. Dan menetapkan ilmu yang harus saya kuasai yaitu : 

1) Level 1 : berupa tehnik dasar dalam kuliner ( menyaksikan program kuliner, tehnik dasar memasak, pengenalan bahan, mengenal rempah & bumbu,  tehnik memotong ). kepenulisan ( tehnik dasar menulis, menggolongkan tulisan fiksi, menggolongkan tulisan non fiksi, eyd).

2) Level 2 : Kuliner ( mengenal alat & piranti masak, mencampur bahan, mengenal masakan  manca negara,  tehnik memasak hidangan,  penyajian).
Kepenulisan ( berlatih membuat tema, mind mapping, gunung alur, sinopsis ).

3) Level 3 : Kuliner ( metode pengawetan makanan, hiegenitas bahan pangan, pengemasan produk, membangun merk, penentuan harga pokok produksi).
Kepenulisan ( cara membuat artikel, opini, cerpen, resensi buku, cerbung, novel ).

4) Level 4 : Kuliner ( mengurus pirt, sertifikat halal, jalur distribusi, promosi, pemasaran).
Kepenulisan ( membuat tulisan, mengedit, menawarkan ke penerbit / agency, meluaskan jaringan,  branding, promosi, penjualan).

d. Saat ini usia saya sudah 39 tahun. Emm usia yang sudah matang ya.. tapi memang Allah mentakdirkan saya menikah saat usia 32 tahun...wow.  Bukan muda lagi ya..jadi titik 0 atau km 0 jelas akan berbeda jauh dengan yang lain hehe..

Milestone yang saya tetapkan adalah : 
Km 0 - km 1 ( tahun 1 ) : Menguasai ilmu di level 1
Km 1 - km 2 ( tahun 2 ) : Menguasai ilmu di level 2
Km 2 - km 3 ( tahun 3 ) : Menguasai ilmu di level 3
Km 3 - km 4 ( tahun 4 ) : Menguasai ilmu di level 4

Untuk menguasai ilmu-ilmu tersebut memang idealnya saya harus mengalokasikan waktu selama 8 jam sehari sehingga 10.000 jam terbang akan  tercapai selama 4 tahun. 

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2,

Perubahan Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan saya lakukan di bagian checklist sebagai individu bagian C. Peningkatan Pengetahuan & Wawasan.  Seperti yang ada di bawah ini.




Saya menetapkan perubahan tersebut sebagai jam belajar saya. Senin, Selasa, Rabu belajar ilmu yang berhubungan dengan kepenulisan 8 jam per hari.

Kamis, Jumat, sabtu belajar ilmu yang berhubungan dengan bidang kuliner. 8 jam per hari. Ditambah saya jika uji coba resep dan banyak membaca buku resep , ikut acara cooking class yang menambah jam terbang saya.  Saya berharap dapat konsisten dan sesuai jadwal. 

g. Lakukan, lakukan, lakukan

In sya Allah, saya akan berusaha untuk belajar konsisten agar impian saya tercapai  dan memahami peran saya di kehidupan.
Semoga dapat terlaksana walau saat ini fokus saya dan suami masih ingin baby program secara khusus ditambah suami ingin lanjut beasiswa ke luar negeri. 

Yang penting dimanapun saya berada tetap disiplin, konsisten dan istiqomah belajar. Jadi tidak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha dengan baik dan giat sambil memohon kepada Allah untuk mengabulkan harapan saya aamiin.

Demikianlah NHW#4 saya kali ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan komentar yang baik dan sopan, agar saya bisa mengunjungi balik blog anda.

Game Level 12 Aplikasi VideoShow

Assalamualaikum , Hari ini hujan sangat lebat menyirami bumi. Tanah basah, tanaman tersirami. Alhamdulillah, tak perlu menyirami ...

Popular Posts